Info Gadget

Review Samsung Galaxy M31, Spesifikasi dan Harganya

Review Samsung Galaxy M31 – Samsung Kembali mengeluarkan Galaxy M series terbaru yaitu Samsung Galaxy M30 setelah perilisan Samsung Galaxy M30s September...

Written by Bambang Winarso · 3 min read >
Samsung Galaxy M31

Review Samsung Galaxy M31 – Samsung Kembali mengeluarkan Galaxy M series terbaru yaitu Samsung Galaxy M30 setelah perilisan Samsung Galaxy M30s September 2019 lalu. Dilansir dari website resmi Samsung, Samsung Galaxy M31 pertama kali diperkenalkan pada tanggal 25 Februari lalu di India, dan untuk Indonesia rencananya akan dipamer tanggal 23 Maret mendatang.

Sama seperti penduhulunya Samsung Galaxy M30s, salah satu fitur unggulan Samsung Galaxy M31 yaitu dilengkapi baterai dengan kapasitas 6000 mAh dan fast charging. Dengan baterai berkapasitas sebesar itu, tentu saja akan mendukung mobilitas Anda dalam waktu yang lebih lama, lebih awet jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy M series sebelumnya, Samsung Galaxy M30 dengan baterai berkapasitas 5000 mAH, dan Samsung Galaxy M10 dengan kapasitas baterai 3400 mAH.

Fitur unggulan lainya dari Samsung Galaxy M31 yaitu sudah dilengkapi dengan Quad Camera. Dengan empat kamera belakang diantaranya main camera dengan resolusi 64 MP, ultra wide camera, macro camera, dan depth camera tentu saja akan membantu Anda mengabadikan momen lebih bagus lagi dalam berbagai kondisi.

Selain kapasitas baterai yang grahar dan kelengkapan kamera yang cukup ciamik, Samsung Galaxy M31 juga dilengkapi dengan layar Super Amoled 6.4 Inch yang turut serta membuat Samsung Galaxy M31 ini terlihat lebih tangkas lagi. Dengan kapasitas baterai 6000 mAh, resolusi kamera utama 64 MP, layar ukuran 6,4 Inch sepertinya fitur-fitur unggulan untuk seri Samsung Galaxy M yang satu ini sarat akan angka 6 ya.

Samsung Galaxy M31

Review Samsung Galaxy M31

Setelah Anda menyimak apa-apa saja fitur-fitur yang diunggulkan dari seri yang satu ini, tentunya sebagian dari Anda ada yang penasaran bagaimana dengan spesifikasinya dan fitur lengkapnya dari produk yang satu ini. Bagi Anda yang penasaran Anda bisa terus menyimak ulasan berikut ini.

Harga

Di India Samsung Galaxy M31 ini dibandrol dengan harga 2,9 juta untuk varian RAM 6GB dengan penyimpanan 64 GB, dan 3,2 juta untuk varian RAM 6 GB dengan penyimpanan 120 GB. Harga tersebut tidak jauh berbeda dengan Samsung Galaxy M30s yang sekarang ini sudah beredar di pasaran Indonesia yang dibandrol dengan harga 3,2 juta.

Dapur Pacu

Untuk mendukung performa dari Samsung Galaxy M31 ini, pada chipset sudah dibekali chipset Exynos 9611 yang didalamnya tertanam processor Octa Core dengan clock speed Quad Core 2.3 Ghz Cortex-A73 dan Quad Core 1.7 Ghz Cortex-A53, sangat bagus untuk mendukung kebutuhan multitasking yang cukup tinggi. Untuk pemrosesan grafik, Samsung Galaxy M3 sudah terpasang GPU Mali-G72 MP3 yang sudah lumayan untuk merender game-game dengan grafik yang cukup berat.

Untuk sistem operasinya, Samsung Galaxy M31 sudah dibekali Android 10 dengan interface ala Samsung, One UI 2.0. Dengan menggunakan OS yang lebih up to date, penekanan fitur-fitur baru di Android 10 seperti navigasi gesture, peluncuran yang lebih cepat, serta pendekatan baru untuk menjaga informasi pribadi, dan lain-lain bila Anda rasakan jika membeli Samsung Galaxy M31.

Samsung Galaxy M31

Memori

Untuk mendukung prosesor seperti yang dijelaskan diatas, Samsung Galaxy M31 dibekali dengan dua varian yang berbeda, varian pertama dengan RAM 6GB dan penyimpanan internal 64 Gb, dan varian kedua dengan RAM 6 GB  serta penyimpanan internal 120 GB.

Anda juga bisa mengupgrade penyimpanan dengan menambahkan MicroSD ke slot memori eksternal ponsel Anda untuk ruang penyimpanan yang lebih besar. Slot MicroSD tersebut dibuat terpisah dengan 2 slot Sim Card.

 

Bodi

Dari segi desain, Samsung Galaxy memiliki bentangan layar sebesar 16 Inch, dilengkapi dengan layar resolusi Full HD plus 1080×2340 piksel. Terdapat Poni berbentuk U yang menyelimuti kamera depan. Samsung Galaxy M31 memiliki bezel yang tipis sehingga jika ingin menambahkan fitur fingerprint, pilihan terbaik adalah mengimplementasikan fingerprint di bagian belakang bodi (rear mount).

Di India sendiri, terdapat dua pilihan warna untuk Samsung Galaxy M31, yaitu Dark Space dan Ocean Blue. Untuk Samsung Galaxy M31, dari segi desain bodi sudah cukup bagus. Namun, karena harga Samsung Galaxy M31 masih dalam kategori terjangkau, terdapat kekurangan berupa bodi frame yang masih berbahan plastik.

Kelengkapan pada bodi lainnya antara lain ada dual slot Sim Card serta slot MicroSD, jack audio, dan dukungan usb tipe C reversible connector.

Layar

Untuk layar, Samsung Galaxy M31 dibekali oleh layar Super Amoled sebesar 6.4 Inch yang merupakan istilah marketing dari Samsung sendiri. Ditambah dengan resolusi 1080 x 2440, kerapatan sampai 441 ppi kualitas warna yang dihasilkan akan terlihat semakin jernih.

Dengan teknologi Super Amoled, layar ponsel Anda tidak akan mudah tergores, dan cenderung menghemat daya karena  saat menampilkan warna hitam layar Super Amoled tidak memerlukan cahaya dari belakang akan tetapi hanya langsung dari daya. Ada banyak lagi kelebihan yang bisa Anda dapatkan dari teknologi layar besutan Samsung ini.

Kamera

Menjadi salah fitur yang diunggulkan tentu saja perihal kamera sudah tidak perlu dikhawatirkan lagi. Untuk kamera belakang terdapat 4 kamera yang siap membantu Anda untuk mengabadikan momen dalam berbagai kondisi. Kamera utama memiliki resolusi sebesar 64 MP dengan aperture f/1.7 dan didukung Phase Detection Autofocus. Untuk mengabadikan momen yang membutuhkan jarak pandang luas, ada kamera utra wide dengan resolusi 8 MP. Ada juga lensa macro dengan dan lensa depth sensor dengan resolusi 5 MP.

Untuk kamera depan, Samsung Galaxy sudah mendukung perekaman HD, serta penjepretan video slow motion. Kamera depan Samsung Galaxy M31 memiliki resolusi 16 MP. Dengan dukungan Gyro–EIS yang membuat hasil rekaman jadi lebih stabil, Samsung Galaxy M31 sangat enak untuk dibawa nge-vlog.

Konektivitas

Untuk konektivitas Samsung Galaxy M31 masih mengandalkan jaringan 4G LTE dengan dukungan dual Sim Card. Ada Pula Bluetooth v5 yang bisa melakukan pairing dengan range yang lebih jauh. Samsung Galaxy M31 juga dibekali dengan jaringan WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac dual-band, serta direct hotspot.  Tentu saja Samsung Galaxy M31 juga dibekali GPS.

Baterai

Untuk kapasitas daya sudah pasti tidak diragukan lagi, karena dengan pemakaian normal Baterai dengan kapasitas 6000 mAh bisa bertahan lebih dari 48 Jam. Namun, untuk fitur Fast Charging, Samsung Galaxy M31 belum terintegrasi fitur Fast Charging berkecepatan tinggi. Samsung Galaxy masih menggunakan fitur Fast Charging 15W yang tentu saja akan membutuhkan waktu yang lama untuk men-charge baterai dengan kapasitas 6000 mAh.

Demikianlah review dari Samsung Galaxy M31, dengan harga yang lumayan terjangkau Anda sudah bisa mendapatkan ponsel dengan baterai jumbo dengan kualitas kamera yang ciamik. Tentu saja dengan harga terjangkau Anda masih bisa mendapati kekurangan-kekurangan lain seperti waktu charging yang masih terasa lama, desain body yang masih terlihat standar, dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *