Info Cantik

Kenali Jenis Kulit Wajah Kamu Agar Tahu Cara Tepat Merawatnya

Jenis kulit wajah setiap orang berbeda-beda. Dengan demikian, pemakaian produk perawatan dan cara merawatnya juga berbeda. Bahkan, kondisi kulit wajah dapat berubah...

Written by Bambang Winarso · 1 min read >
kulit sensitif

Jenis kulit wajah setiap orang berbeda-beda. Dengan demikian, pemakaian produk perawatan dan cara merawatnya juga berbeda. Bahkan, kondisi kulit wajah dapat berubah seiring bertambahnya usia. Oleh karenanya kita perlu merawat kulit wajah kita agar tetap sehat.

Jenis Kulit Wajah dan Perawatannya

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kondisi kulit wajah, diantaranya yaitu kandungan air, minyak dan tingkat kepekaan kulit. Berdasarkan faktor tersebut, kulit wajah dapat dikategorikan menjadi 5 jenis.

1. Kulit Wajah Normal

kulit normal

Kulit wajah dinyatakan normal apabila tidak kering maupun tidak berminyak karena jumlah air dan minyak seimbang.

a.     Ciri-ciri Kulit Wajah Normal

Kulit wajah yang normal pada umumnya tidak terlalu sensitif sehingga tidak mudah terkena masalah kulit. Jenis kulit ini terlihat bercahaya dan memiliki pori-pori yang sangat halus.

b.     Perawatan Kulit Wajah Normal

Kamu cukup menggunakan pelembap agar kulit normal dapat terlindungi sepanjang hari. Serta gunakan moisturizer dengan bahan dasar air yang tidak lengket dan terasa ringan untuk kulit.

2. Kulit Wajah Kering

kulit kering

Permukaan kulit kering mudah mengalami pecah-pecah dan keretakan.

a.  Ciri-ciri Kulit Wajah Kering

Kulit wajah kering kurang elastis dan terlihat kusam dan kasar. Selain itu, pori-porinya hampir tidak terlihat. Jenis kulit ini rentan terkena masalah, seperti gatal, bersisik dan peradangan.

b. Perawatan Kulit Wajah Kering

Pemilik kulit wajah kering sebaiknya tidak terlalu lama mencuci muka atau berendam dengan air hangat. Gunakan produk pembersih wajah yang dapat melembapkan kulit. Kemudian gunakan pelembap agar wajah tetap terjaga kelembapannya.

3.     Kulit Wajah Berminyak

kulit berminyak

Kelebihan sebum atau minyak akan membuat kulit wajah terlihat licin dan mengkilap. Sebum yang berlebihan dapat menyebabkan tersumbatnya pori-pori hingga memicu timbulnya jerawat.

a.     Ciri-ciri Kulit Wajah Berminyak

Kulit berminyak terlihat berkilau tetapi kusam dan mempunyai pori-pori yang besar. Wajah berminyak biasanya memiliki noda hitam, komedo dan jerawat.

b.     Perawatan Kulit Wajah Berminyak

Gunakan sabun cuci muka yang mengandung gliserin untuk membersihkan wajah dua kali sehari. Selanjutnya kamu bisa menggunakan produk skin care maupun kosmetik yang memang dikhususkan untuk wajah berminyak.

4.     Kulit Wajah Sensitif

kulit sensitif

Jenis kulit ini memiliki tingkat kepekaan yang tinggi sehingga rentan terkena alergi maupun ruam dan iritasi.

a.     Ciri-ciri Kulit Wajah Sensitif

Kulit wajah sensitif rentan terkena gatal, mudah terkelupas, kemerahan, kering dan akan terasa nyeri bila mengalami alergi.

b.     Perawatan Kulit Wajah Sensitif

Saat mencuci muka jangan menggosok wajah terlalu kencang dan gunakan sabun wajah yang berbahan lembut. Gunakan produk yang memiliki kandungan lidah buaya, chamomile, teh hijau, polifenol, dan gandum.

5.     Kulit Wajah Kombinasi

kulit kombinasi

Jenis kulit ini merupakan gabungan dari kulit kering dan berminyak.

a.     Ciri-ciri Kulit Wajah Kombinasi

Wajah bagian dagu, hidung, dan dahi (zona T) memiliki kulit berminyak sedangkan kulit kering ada di pipi.

b.     Perawatan Kulit Wajah Kombinasi

Kamu bisa menggunakan produk skin care yang dikhususnya untuk kulit wajah kombinasi. Atau kamu bisa membersihkan area pipi dengan produk pembersih untuk kulit kering dan membersihkan zona T dengan produk pembersih untuk kulit berminyak.

Demikian mengenai jenis kulit wajah dan cara merawatnya. Apapun jenisnya, sebaiknya hindari produk yang mengandung alkohol dan pewangi agar tidak terjadi iritasi. Jika kamu masih ragu menentukan jenis kulit yang kamu miliki, sebaiknya berkonsultasilah ke dokter spesiali kulit agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Cara Perawatan Wajah Berminyak

Cara Perawatan Wajah Berminyak

Irfan in Info Cantik
  ·   1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *