Info Cantik

Cara Perawatan Wajah Berminyak

Mempunyai kulit wajah yang berminyak membuat kita terkadang merasa tidak percaya diri saat tampil dimuka umum. Ini karena kulit berminyak akan membuat...

Written by Irfan · 1 min read >
Cara Perawatan Wajah Berminyak

Mempunyai kulit wajah yang berminyak membuat kita terkadang merasa tidak percaya diri saat tampil dimuka umum. Ini karena kulit berminyak akan membuat tampilan make up tidak maksimal. Jadi kita harus selalu memperhatikan kondisi make up agar tidak berantakan.

Untuk mensiasati kulit yang berminyak,maka kitapun harus menerapkan cara perawatan wajah berminyak yang efektif berikut.

Cara Perawatan Wajah Berminyak

1. Mencuci muka dengan benar dan teratur

  • Jika mempunyai kulit yang berminyak sebaiknya pada saat mencuci muka gunakan air hangat. Karena air hangat bisa mengangkat minyak yang berlebih pada wajah dengan baik dibandingkan dengan menggunakan air suhu normal.
  • Pilihlah produk pembersih yang tepat untuk wajah kita. Sebaiknya hindari produk pembersih yang mengandung pelembap.
  • Apabila kuit berminyak dan berjerawat , maka pilihlah sabun pembersih muka yang mengandung benzoil peroksida atau triclosan. Karena zat tersebut bisa mencegah timbulnya jerawat.
  • Gunakan produk pembersih wajah yang menagndung AHA, karena bisa membantu mengangkat sel kulit mati serta mengurangi minyak di pori.

2. Gunakan Toner

Toner astringen yang terdaopat kandungan alkohol didalamnya cenderung akan membuat kulit kering. Namun astringen alami, misalnya witch hazel memiliki sifat menenangkan kulit.

Kandungan tanin yang tinggi pada witch hazel menjadikannya zat alami serta anti inflamasi. Banyak orang yang mempunyai jenis kulit yang berminyak menjadikan witch hazel sebagai toner mereka.

Toner astringen alami juga membuat pori -pori mengecil serta menghilangkan make up yang menempel pada pori.

3. Tepuk-tepuk wajah sampai benar-benar kering

Saat kita selesai menggunakankan pembersih dan toner maka langkah selanjutnya adalah dengan mengeringkan wajah menggunakan handuk yang kering dan lembut. Lakukan dengan cara menepuk-nepuk lembut kulit wajah menggunakan handuk.

4. Kenakan kertas minyak untuk wajah

Dipasaran ada banyak sekali kartas bloting atau kertas minyak yang dapat digunakan untuk wajah. Kertas blotting ini  dirancang khusus untuk menyerap minyak pada wajah. Saat ini ada banyak blotting papper tersedia mkisalnya merk clean & clear, ovale dan lain-lain.

Dengan menggunakan kertas blotting maka minyak yang berlebih pada kulit wajah akan terangkat.

5. Gunakan masker wajah

Pilih masker alami yang sesuai dengan jenis kulit kita. Jika mempunyai kulit yang berminyak, pilh masker yang menagndung bahan :

– Tanah liat. Masker ini mengandung mineral seperti smectice atau bentonite yang bisa bermanfaat untuk menyerap minyak serta mengurangi kulit yang terlihat mengkilap. Penggunaan masker ini hanya sesekali untuk mencegah kulit menjadi kering, setelah menggunakan masker ini maka langkah berikutnya adalah menggunakan pelembap.

– Masker madu. Penggunaan madu untuk masker bisa mengurangi jerawat serta kulit yang berminyak.

6. Gunakan pelembab

Banyak orang dengan kulit berminyak mengira bahwa menggunakan pelambab malah akan menjadikan kulit semakin berminyak, padahal menggunakan pelembab akan menguntungkan bagi yang mempunyai kulit berminyak loh.

Plihlah pelembab yang bebas minyak sehingga bisa menjaga kulit tetap lembab dan terlindungi tanpa terasa berminyak. Contohnhya adalah lidah buaya.

Pilihlah pelembab yang mengandung lidah buaya atau bisa juga menggunakan lidah buaya murni untuk melembabkan.

Banyak orang yang mengira bahwa jika kita mempunyai kulit yang berminyak maka tak perlu lagi untuk memakai pelembab. Meraka takut jika penggunaan pelembab malah akan menjadikan kulit semakin berminayk. Namun jika kita memilih pelembab sesuai dengan jenis kulit yang kita miliki maka akan menjaga kulit terasa lembab dan terlindungi.

7. Perhatikan Makanan

Cara perawatan wajah beminyak selanjutnya yaitu dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Kurangi jenis makanan yang pedas serta minuman beralkohol karena bisa mendorong produksi minyak berlebih. Perbanyakkanlah makan wortel, bayam, blewah yang banayk mengandung vitamin A.

8. Pilih skincare bebas minyak

Pilih produk yang bebas minyak atau “noncomedogenic’ agar tidak menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan jerawat pada kulit berminyakmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *