Info Cantik

Cara Perawatan Kulit Sensitif Yang Tepat

Mempunyai kulit sensitif haruslah merawat kulit dengan baik dan hati-hati. Karena jenis kulit ini mudah sekali mengalami iritasi akibat reaksi berlebihan terhadap...

Written by Irfan · 1 min read >
Cara perawatan Kulit Sensitif yang Tepat

Mempunyai kulit sensitif haruslah merawat kulit dengan baik dan hati-hati. Karena jenis kulit ini mudah sekali mengalami iritasi akibat reaksi berlebihan terhadap berbagai macam faktor yang biasanya berasal dari udara ataupun bahan kimia yang ada pada produk skincare.

Kulit sensitif ini bisa berupa ruam, gatal, kering, bruntusan, sampai kadang timbul rasa seperti terbakar dan perih pada kulit. Reaksi tersebut muncul karena terkena zat tertentu. Oleh karena itu jika kamu mempunyai jenis kulit sensitif harus tahu cara perawatan kulit dengan benar. Dibawah ini ada beberapa cara perawatan kulit sensitif yang bisa kamu terapkan sendiri dirumah.

Cara perawatan Kulit Sensitif yang Tepat

1. Menjauhi bahan iritatif

Jika kulit kita sensitfi maka langkah pertama yangharus dilakukan adalah dengan menjauhi bahan iritatif. Misalnya anti bakteri, detergen, sulfur, glycolic acid dan retinoid.

2. Pilih produk yang ramah untuk kulit

Jika mempunyai kulit sensitif, kitapun harus lebih hati-hati apabila akan menggunakan suatu produk perawatan kulit. Sebaiknya pakailah produk yang lebih sedikit mengandung bahan kimia, lembut dikulit dan tanpa parfum. Produk perawatan tersebut bisanya mempunyai label “hypoallergenic”

3. Batasi waktu mandi

Pada saat mandi sebaiknya janagan terlalu lama, karena akan menjadikan kulit kering dan rusak. Sebaiknya mandi berkisar antara 10-15 menit. Selain itu gunakan juga sabun untuk kulit sensitif. Sedangkan untuk penggunaan airnya cukup gunakan air hangat saja, yang tidak terlalu dingin dan panas.

4. Pakailah Pelembab

Kulit yang sensitif sering terlihat kering dan pecah-pecah. Oleh karena itu disarankan sehabis kita mandi,sebaiknya oleskan pelembab. Gunakan pelembab yang mengandung petrolatum, minyak mineral, asam linoleat, ceramide, dimethicone yang aman digunakan untuk jenis kulit sensitif.

5. Batasi terkena sinar matahari langsung

Bagi yang mempunyai kulit sensitif terhadap sinar matahari sebaiknya hindari terkena paparan sinar matahari langsung terlalu lama. Apabila akan melakukan aktivitas diluar ruangan maka gunakan pakaian yang tertutup, topi yang lebar serta jangan lupa untuk mengenakan kacamata hitam.

Untuk jenis bahan pakaian, sebaiknya pilih pakaian yang tidak panas saat dipakai dan mudah menyerap keringat. Pakaian yang berbahan katun sangat cocok dikenakan agar kulit terhindar dari biang keringat serta iritasi.

6. Ubah pola makan

Jika kamu menyukai makanan seperti gorengan, makanan manis serta berlemak, sebaiknya hindari makanan tersebut jika ingin kulit sensitifmu tidak mengalamai masalah.

Sebaiknya konsumsi jenis makanan seperti sayuran dan buah segar untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

7. Rajin Cuci Muka

Cara untuk merawat kulit sensitif berikutya adalah dengan rajin membersihkan kulit wajah secara rutin. Ini bisa dilakukan pada pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur. Gunakan sabun muka yang khusus digunakan untuk kulit sensitif. Biasanya tekstur sabun terlihat lembut, serta tdiak mengandung alkohol yang dapat meniritasi kulit.

8. Hindari terlalu sering mengganti produk

Cara untuk merawat kulit sensitif berikutnya adalah dengan tidak sering berganti produk. Walaupun di pasaran ada bnayk sekali merk kosmetik untuk jenis kulit sensitif, kita tidak perlu mencobanya lagi. Jika sudah cocok dengan merk tertentu maka gunakan selalu merk tersebut. Apabila sering befrganti merk maka hal ini akan merusak pertahanan kulit.

9. Jangan terlalu sering menyentuh wajah

Jika kamu inginnmenyentuh wjah sebaiknyalakukan cuci tangan terlebih dahulu. Dengan kita memberishkan tangan maka mengurangi perpindahan kotoran dan bakteri yanga da di tangan ke wajah.

Cara Perawatan Wajah Berminyak

Cara Perawatan Wajah Berminyak

Irfan in Info Cantik
  ·   1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *