Info Cantik

Cara Merawat Kulit Wajah Saat Mengenakan Masker

Saat ini bagi kita yang akan melakukan aktivitas di luar maka wajib mengenakan masker. Penggunaan masker pun bisa mengurangi tertular virus dan...

Written by Irfan · 1 min read >
Cara Merawat Kulit Wajah Saat Mengenakan Masker

Saat ini bagi kita yang akan melakukan aktivitas di luar maka wajib mengenakan masker. Penggunaan masker pun bisa mengurangi tertular virus dan bakteri yang berasal dari droplet. Namun disisi lain penggunaan masker juga bisa mengakibatkan timbulnya jerawat pada wajah.

Oleh sebab itu ada beberapa cara merawat kulit wajah saat mengenakan masker setiap harinya.

Cara Merawat Kulit Wajah Saat Mengenakan Masker

1. Hindari penggunaan make up yang tebal

Saatkita mengenakan masker, maka kulit akan berada dalam kondisi yang tertutup dan pengap. Belum lagi kalau kita menggunakan make up yang tebal, maka pori-pori akan mudah tersumbat yang bisa mengakibatkan jerawat.

2. Cuci dan Ganti Masker Setelah Digunakan

Penggunaan masker kain sekarang disarankan, ini karena masker kain bisa dicuci sehingga bisa dipakai berulang kali. Walaupun penggunaan masker kain tidak bisa 100 persen menghalau virus, tetapi masker kain bisa membantu kita untuk mencegah menyentuh langsung area mulut dan hidung.

Masker kain haruslah sering dicuci, karena disaat kita mengenakan masker tersebut biasanya ada sisa minyak, kotoran serta sel kulit mati yang menempel di masker sehingga apabila jarang dicuci akan mengakibatkan timbulnya jerawat pada wajah.

3. Rutin melakukan Double Cleansing

Walaupun kita jarang menggunakan make up saat memakai masker, namun kita tetap harus membersihkan wajah secara rutin. Ini agar pori-pori menjadi bersih sehingga tidak menimbulkan jerawat.

4. Tidak Membuka Tutup Masker Terlalu Sering

Saat kita membuka masker untuk makan dan minum, maka debu yang ada di udara akan menempel pada masker tersebut. Lalu saat kita kembali memakai masker tersebut, kotoran daan debu yang menempel di masker tadi akan menempel di wajah. Hal ini bisa menjadi jerawat yang muncul pada wajah.

5. Lepas masker jika sudah berada didalam ruangan

Melepas masker saat kita sedang berada di dalam mobil atau sudah tiba di rumah bisa dilakukan. Asalkan setelah kita melepas masker tersebut maka kita juga harus membersihkan wajah dan memberi pelembab agar kulit wajah menjadi kering.

6. Jangan gunakan masker terlalu kencang

Terkadang banyak orang yang memakai masker terlalu kencang pada wajah. Padahal memakai masker terlalu kencang bisa membuat kulit wajah terlihat memar dan akan meninggalkan bekas luka yang akan lama pudar. Sebaiknya gunakan masker yang bisa membuat kita aman, dan nyaman memakainya.

7. Jaga Kebersihan Tangan

Mungkin karena kita kurang terbiasa saat menggunakan masker, jadi kita akan selalu menyentuh wajah untuk membetulkan masker. Hal tersebut seharuasnya jangan sering dilakukan, karena tangan kita belum tentu bersih. Sebaiknya gunakan hand sanitizer ataupun cuci tangan dengan menggunakan sabun sebelum kita menyentuh wajah.

8. Pilih Masker dari bahan katun

Menggunakan masker kain merupakan pilihan, disamping karena mempunyai harga ekonomis juga bisa di cuci dan dipakai berulang kali. Sebaiknya pilih masker kain dari bahan katun. Ini dikarenakan masker dari bahan katun nyaman dipakai untuk beraktivitas.

9. Pastikan kulit terhidrasi dan lakukan perawatan ekstra

Lakukan perawatan ekstra pada kulit wajah terutama sehabis memakai masker. Selain itu selalu minum air putih yang cukup untuk menghindari dehidrasi. Apabila kekurangan air putih maka kulit akan cenderung kering.

Itulah beberapa cara untuk merawat kulit wajah saat mengenakan masker, sehingga walaupun kita memakai masker diluaran tetapi kesehetan kulit wajah juga tetap terjaga. Bisa tetap cantik dan sehat dengan memakai masker? Kenapa tidak.

Cara Perawatan Wajah Berminyak

Cara Perawatan Wajah Berminyak

Irfan in Info Cantik
  ·   1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *