Info Cantik

Cara Merawat Kulit Secara Rutin Untuk Remaja

Menginjak remaja biasanya ditandai oleh beberapa hal. Salah satunya yang paling sering dialami adalah munculnya jerawat pada wajah. Hal ini normal terjadi...

Written by Irfan · 1 min read >
Cara Merawat Kulit Secara Rutin Untuk Remaja

Menginjak remaja biasanya ditandai oleh beberapa hal. Salah satunya yang paling sering dialami adalah munculnya jerawat pada wajah. Hal ini normal terjadi pada setiap remaja karena adanya perubahan hormon.

Disamping itu juga terkadang remaja belum banyak mengerti tentang skincare yang sesuai dengan kulit wajah, sehingga memperparah kondisi jerawat. Untuk membantu mengatasi masalah tersebut, dibawah ini ada beberapa cara merawat kulit secara rutin pada remaja jaman now.

Cara Merawat Kulit Secara Rutin Untuk Remaja

1. Pilih kosmetik yang sesuai

Sebaiknya dalam memilih kosmetik, kita tidak perlu untuk termakan oleh iklan yang muncul di Televisi. Karena kondisi kulit setiap orang berbeda. Pilih kosmetik yang cocok dengan jenis kulit. Untuk mengetahuinya kamu bisa mengecek kandungan yang terdapat didalamnya, dengan cara melihat di label kemasannya. Jangan memilih kosmetik yang mengandung minyak dan alkohol sehingga tidak menyumbat pori-pori.

Jika kamu kurang yakin dengan kandungannya, kamu bisa menanyakan langsung terhadap dokter kulit maupun staf penjualan agar kita terbebas dari masalah jerawat.

2. Hindari sabun muka yang mengandung scrub

Bagi remaja yang mempunyai kulit sensitif dan kering hindari sabun muka yang mengandung scrub. Karena scrub bisa menjadikan kulit kering dan teriritasi.

Gunakan sabun muka yang mempunyai tekstur lembut, hindari sabun muka yang mengandung benzoyl peroxide atau asam salisilat.

3. Jangan memencet jerawat

Tangan terdapat berbagai macam bakteri dan kuman. Sehingga apabila kita memencet jerawat maka akan timbul infeksi bakteri. Sehingga kondisi luka malah akan semakin meradang.

4. Menjaga tangan agar tetap bersih

Cara untuk merawat kulit wajah salah satunya dengan menjaga tangan agar tetap dalam kondisi bersih. Cucilah tangan sebelum menyentuh wajah, agar terbebas dari bakteri dan kuman yang menempel di tangan.

5. Cuci muka secara lembut

Jangan mencuci muka dengan menggosoknya terlalu kuat. Bukannya kotorannya akan mudah hilang, tetapi ini malah akan menjadi kulit wajah malah semakin memburuk.

Sebaiknya cuci muka secar lembut dan perlahan. Ini agar kult wajah terlihat sehat dan bersih. Sebaiknya lakukan cuci muka di pagi hari atau menjelang tidur.

6. Gunakan pelembab wajah

Pada saat memilih pelembab, sebaiknya perhatikan dulu bahan yang terkandung didalamnya. Kita bisa mengecek melalui kemasan pelembab tersebut. Pilih pelembab yang tidak mengandung minyak dan bertuliskan noncomedogenic. Karena pelembab jenis ini tidak membuat kulit wajah menjadi berminyak dan mencegah pori-pori tersumbat.

7. Pakai Tabir Surya yang mengandung SPF 30

Penggunaan tabir surya sangat direkomendasikan , karena dapat mengurangi pengaruh buruk yang diakibatkan oleh sinar matahari. Sehingga kulit tidak rusak dan mencegah penuaan dini.

8. Cukup Minum Air putih

Dengan meminum air putih yang cukup maka kelembapan kulit akan tetap terjaga dan mencegah dehidrasi. Kekurangan cairan bisa menjadikan kulit wajah terlihat kering, kusam,dan bersisik. Oleh karena itu dianjurkan untuk meminum air putih sebanyak 8 gelas per hari.

9. Kurangi Konsumsi Junk Food

Cara selanjutnya untuk merawat kulit wajah pada remaja adalah dengan mengurangi mengkonsumsi junk food. Saat ini junk food memang sangat digemari oleh remaja. Disamping karena rasanya yang enak juga praktis. Tetapi junk food tidak baik untuk kesehatan kulit remaja.

Itulah bebrapa cara untuk merawat kulit remaja yang dapat kita praktekkan sehari-hari. Jika tetap mengalami permasalahan pada kulit wajah mu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit yang terpercaya agar bisa memberikan solusi secara langsung.

Cara Perawatan Wajah Berminyak

Cara Perawatan Wajah Berminyak

Irfan in Info Cantik
  ·   1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *