Info Cantik

Cara Mengatasi Wajah Keriput dan Kusam

Keriput dan kusam merupakan masalah yang sering terjadi pada kulit wajah. Ada banyak cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tetapi biasanya orang lebih...

Written by Irfan · 1 min read >
Cara Mengatasi Wajah Keriput dan Kusam

Keriput dan kusam merupakan masalah yang sering terjadi pada kulit wajah. Ada banyak cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tetapi biasanya orang lebih memilih cara yang praktis walaupun mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Tetapi bagaimana jika mempunyai dana yang terbatas? Bisakah mengurangi keriput dan kusam di wajah? Bisa saja kok..yuuk simak dulu cara mengatasi wajah yang keriput dan kusam dibawah ini.

Cara Mengatasi Wajah Keriput dan Kusam

1. Batasi konsumsi gula

Konsumsi gula yang berlebih sangat membahayakan kesehatan tubuh. Karena gula bisa memicu proses yang disebut dengan glikasi dan produk akhir glikasi lanjutan ( disebut AGEs). AGEs bisa memecah kolagen yang terdapat di tubuh, yang seiring waktu akan membuat wajah kita jadi kelihatan lebih tua dari usianya. Dengan membatasi gula dan makanan yang mengandung banyak minyak akan membuat kita terlihat awet muda.

2. Kenakan tabir surya

Dengan memakai tabir surya di wajah maka akan melindungi kita dari sinar matahari, karena mengandung SPF. Selain itu tabir surya juga bisa mengurangi keriput dan membantu menunda tanda-tanda penuaan. Oleh karena itu tabir surya penting dipakai setiap hari.

3. Gunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa sangat baik untuk kulit wajah. Ini karena minyak tersebut mengandung emolien alami yang bisa mengisi celah epidermis. Sehingga kulit wajah terlihat halus. Disamping itu juga membuat kulit terasa lembap dan cerah.

4. Ganti Posisi Tidur

Salah satu yang menyebabkan terjadi kerutan diwajah adalah posisi tidur. Kondisi demikian dinamakan dengan kompresi, yang disebabkan oleh wajah yang menekan bantal dengan cara yang sama setiap kita tidur. Kompresi akan menjadi kulit lebih lemah dibeberapa tempat, sehingga membentuk kerutan. Oleh karena itu agar tidak terjadi hal demikian , maka kita mengganti posisi tidur dengan terlentang.

5. Mencuci Wajah Secara Teratur

Sebaiknya kita harus mencuci wajah setiap hari sebelum tidur. Ini dikarenakan dengan mencuci wajah maka kita membersihkan kosmetik yang menempel seharian di wajah.

Cucilah wajah secara lembut  dengan sabun muka dan keringkan wajah dengan menggunakan handuk yang bersih.

6. Hindari Sinar Ultraviolet

Salah satu penyebab kulit keriput adalah paparan sinar ultraviolet. Keriput tersebut bisa terjadi pada wajah, tangan, leher dan lengan. Ada beberapa cara yang digunakan untuk mengurangi paparan sinar ultraviolet yaitu dengan menggunakan topi, celana panjang atupun baju lengan panjang.

7. Konsumsi Air putih

Dengan minum air putih yang cukup maka akan membuat kulit wajah terasa lembap. Sehingga hal ini akan mengurangi kerutan diwajah.

8. Tingkatkan asupan antioksidan

Walaupun kita setiap hari menggunakan tabir surya dengan mengkonsumsi antioksidan juga penting. Makanan yang kayak akan antioksidan diantaranya adalah blueberry, kacang merah, anggur, kangkung adan bayam. Zat makan tersebut bisa mengurangi tanda penuaan dini sekaligus membuat kulit sehat dari dalam.

9. Berhenti merokok

Semua orang tahu bahwa merokok dapat berpengaruh terhadap kesehatan selain itu merokok juga bisa membuat wajah terlihat tua. Bahkan tidak hanya perokok saja, yang berada disekitar perokok pun bisa terkena dampak negatif dari asap rokok tersebut. Diantaranya adalah bisa terkena resiko kanker serta kesehatan kulit juga terganggu.

Tidak ada jaminan hasil jika kita menerapkan salah satu cara tersebut diatas bisa membuat kerutan di wajah akan hilang. Tetapi perlu kita ingat bahwa kerutan merupakan salah satu gejala alami, tetapi bukan berati kita tidak bisa menunda keberadaannya.

Cara Perawatan Wajah Berminyak

Cara Perawatan Wajah Berminyak

Irfan in Info Cantik
  ·   1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *