Info Bisnis

Tips Sukses Jualan Online Di Instagram

Banyak orang yang menggunakan Instagram, dengan menggunakan Instagram Anda bisa memulai jualan online di Instagram. Saat ini sudah banyak yang menggunakan Instagram,...

Written by Bambang Winarso · 7 min read >
jualan online instagram

Banyak orang yang menggunakan Instagram, dengan menggunakan Instagram Anda bisa memulai jualan online di Instagram. Saat ini sudah banyak yang menggunakan Instagram, namun tidak banyak yang mengetahui sejarah dari Instagram. Sebenarnya apa dan bagaimana asal usul Instagram. Di artikel ini akan dibahas segala macam hal tentang Instagram dan cara jualan online di Instagram. Anda wajib tahu ya, untuk menambah pengetahuan Anda tentang Instagram.

Apa Itu Instagram

Instagram adalah salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat umum. Sebagian besar orang tentu sudah mengetahui apa itu Instagram dan pasti sudah banyak yang memiliki akun Instagram. Instagram sudah bukan hal yang asing bagi masyarakat umum. Dengan menggunakan Instagram Anda dapat bersosialisasi dengan banyak pengguna Instagram dengan saling berbagi foto, komentar dan like.

Instagram memang merupakan aplikasi sosial media yang sangat populer, bahkan Instagram mulai menandingi beberapa aplikasi sosial media seperti Facebook, Twitter, Line, BBM dan  masih banyak lagi.

Instagram bisa populer hingga saat ini karena penggunaan aplikasi Instagram tergolong mudah dan tidak menyulitkan para pengguna yang menggunakan Instagram. Dengan kemudahan yang ditawarkan Instagram, membuat Instagram menjadi salah satu aplikasi sosial media yang digemari oleh banyak kalangan di seluruh dunia.

Meskipun Instagram sangat populer namun banyak orang yang belum mengetahui asal usul Instagram dan sejarah Instagram.

Secara lebih detail Instagram adalah sebuah aplikasi sosial media yang berbasis mobile untuk Smartphone Android, iOS, iPhone, Windows Phone, hingga Blackberry. Dan bahkan Instagram saat ini bisa dijalankan di PC. Namun penggunaan Instagram di PC berbeda dengan di smartphone. Jika di smartphone terdapat fitur DM, maka penggunaan Instagram di PC tidak terdapat fitur DM. Jadi untuk penggunaan Instagram di PC Anda tidak akan bisa melihat pesan yang dikirimkan teman kepada Anda.

Sama dengan media sosial lain, dengan menggunakan Instagram Anda dapat mencari banyak pengikut dengan menggunakan istilah follow dan followers atau mengikuti dan pengikut. Dengan banyaknya followers, maka Anda dapat melakukan jualan online di Instagram. Semakin banyak pengikut Anda, maka akan semakin menguntungkan Anda dalam menggunakan Instagram. Anda dapat berbisnis secara online, dengan banyaknya pengikut maka akan memudahkan Anda untuk berjualan online di Instagram.

jualan online di instagram

Sejarah Instagram

Setelah Anda memahami tentang definisi tentang Instagram, maka Anda juga harus memahami sejarah Instagram. Karena akan kurang pas jika Anda sudah mengetahui definisi dari Instagram, namun tidak mengetahui tentang sejarah dari aplikasi Instagram. Pada awalnya aplikasi Instagram bernama Burbn, Burbn didirikan oleh sebuah perusahaan yang bernama Burbn Inc. Dan dipelopori oleh kedua CEO yaitu Kevin Systrom dan Mike Krieger pada tahun 2010.

Burbn Inc merupakan salah satu perusahaan startup yang bergerak pada bidang pengembangan aplikasi mobile phone. Pada awalnya aplikasi Burbn hanya dapat digunakan oleh iOS saja dan memiliki banyak fitur, namun akhirnya Kevin Systrom dan Mike Krieger mengurangi fitur-fitur yang ada pada Burbn. Jadi di Burbn hanya bisa share foto, komentar dan juga menyukai. Inilah awal dari terbentuknya Instagram.

Dan akhirnya pada tahun 2012 perusahaan Facebook dengan resmi mengambil alih pengelolaan Burbn atau Instagram. Dan sesudah melalui waktu yang panjang di tahun 2016 logo resmi dari Instagram diperkenalkan kepada publik dengan tampilan yang lebih baru serta elegan yang kita lihat saat ini.

 

Fungsi Instagram

Banyak pengguna Instagram yang beranggapan bahwa Instagram hanya digunakan untuk berinteraksi sosial saja sebatas share foto dan video serta meningkatkan popularitas dengan banyaknya teman dan followers.

Anggapan banyak orang ini memang tidak salah namun fungsi Instagram secara luas lebih dari itu. Kecermatan dan pemahaman yang dimiliki pengguna menjadi salah satu hal penting agar dapat memanfaatkan setiap aplikasi secara keseluruhan. Dibawah ini adalah beberapa fungsi Instagram yang mungkin tidak banyak diketahui oleh banyak orang.

Interaksi Antar Pengguna Instagram

Interaksi antar pengguna adalah salah satu fungsi utama dari sebuah media sosial. Khusus untuk Instagram interaksi antar pengguna Instagram dapat dilakukan dengan saling menshare foto, saling memberikan like dan komentar serta melakukan interaksi melalui Direct Message (DM).

Saat ini di Instagram juga terdapat live record tau yang populer saat ini disebut Insta Story yang memungkinkan pengguna merekam video untuk membagikan aktivitas yang dilakukan. Dalam live record ini sesama pengguna Instagram bisa saling berinteraksi dengan memberikan komentar dan like.

Rekomendasi Tempat Liburan

Tidak dipungkiri banyak pengguna Instagram yang membagikan foto dan informasi tentang tempat liburan yang menarik. Tempat-tempat liburan yang dibagikan oleh para pengguna Instagram bisa menjadi rekomendasi bagi beberapa orang yang akan melakukan liburan ke beberapa tempat wisata. Keindahan tempat wisata yang dibagikan oleh para pengguna Instagram bisa menarik minat beberapa orang untuk berlibur ke tempat wisata yang dibagikan oleh pengguna Instagram.

Setiap pengguna Instagram pasti menginginkan perjalanan liburan atau rekreasinya diabadikan dalam foto dan video, setelah itu dibagikan ke Instagram. Bagi beberapa orang menggunakan Instagram memiliki keuntungan karena tidak perlu repot untuk browsing tentang tempat wisata atau tempat liburan yang menarik, karena di Instagram Anda dapat melihat banyak postingan tentang tempat wisata yang menarik dan tempat liburan yang menarik.

Berbagi Ilmu Pengetahuan

Dari begitu banyak akun instagram pasti Anda akan menemukan salah satu akun yang membagikan ilmu pengetahuan atau informasi-informasi yang dapat menambah pengetahuan Anda. Pemilik akun ini pasti membagikan postingan yang dapat menambah pengetahuan Anda seperti fakta, sejarah, asal usul dan masih banyak lagi. Saat ini di Instagram Anda bisa menjumpai banyak pemilik akun yang berbagi tentang banyak pengetahuan.

Dengan mengikuti akun-akun tersebut Anda bisa mendapatkan banyak pengetahuan menarik yang akan menambah wawasan Anda mengenai banyak hal yang terjadi di dunia.

Akun-akun yang bisa menambah pengetahuan Anda antara lain adalah akun kesehatan, fakta menarik, info destinasi wisata, info misteri dan info unik. Postingan-postingan akun tersebut pasti akan sangat bermanfaat bagi Anda.

 

Sebagai Sarana Pemasaran

Salah satu fungsi dari Instagram juga dapat digunakan untuk jualan online di Instagram. Anda bisa menjual banyak produk di Instagram. Saat ini banyak orang memanfaatkan Instagram sebagai sarana untuk jualan online. Semakin populer Instagram memberikan keuntungan bagi beberapa pengguna yang akan berbisnis online di Instagram. Ditambah Anda bisa mengupload foto dengan memberikan deskripsi lengkap tentang produk yang Anda jual.

Jualan online di Instagram sudah banyak ditemukan, karena banyak orang yang sudah mendapatkan keuntungan dari berjualan online lewat Instagram. Namun Anda harus berhati-hati karena saat ini banyak modus penipuan dalam berjualan online. Anda harus cermat dalam bisnis online agar tidak mengalami kerugian.

 

Keuntungan Berjualan Online Menggunakan Instagram

Jualan online di Instagram memberikan banyak keuntungan bagi pengguna yang berbisnis melalui Instagram. Berikut adalah beberapa keuntungan berbisnis online di Instagram

Promosi Menjadi Lebih Murah

Manfaat jualan online di Instagram yang pertama adalah promosi menjadi lebih murah, jika Anda sudah memiliki banyak pengikut, maka Anda bisa mempromosikan produk dan jasa Anda kepada antar pengguna Instagram dengan akun Anda. Biaya promosi akan lebih murah karena Anda tidak harus mengeluarkan biaya yang banyak untuk dapat memasarkan produk Anda.

Anda juga bisa memasang iklan lewat Instagram namun Anda harus rela mengeluarkan biaya, biaya pasang iklan di instagram mulai dari Rp 20 Ribu Rupiah. Cukup terjangkau bukan? dengan melakukan promosi, maka akan semakin banyak pengguna Instagram yang mengenal produk dan jasa Anda. Hal ini akan menarik banyak pelanggan yang akan menggunakan produk dan jasa Anda.

Display Produk Yang Simpel

Anda dapat dengan mudah mengunggah foto dari produk dan jasa yang akan Anda tawarkan. Display produk yang simpel dengan layout 3 kolom membuat tampilan mudah untuk dapat ditata sedemikian rupa. Anda pun bisa membuat konsep tertentu agar feed Instagram terlihat rapi dan menarik bagi pengunjung yang mengunjungi akun Instagram Anda. Misalnya Anda dapat menyamakan tone warna dalam satu baris.

Memiliki Fitur Efek Foto

Jika foto dari produk dan jasa yang akan ditawarkan kurang menarik, maka Anda bisa menggunakan fitur efek foto dari Instagram untuk membuat foto dari produk atau jasa menjadi lebih menarik. Instagram memiliki banyak filter yang akan membuat foto Anda menjadi lebih menarik. Hal ini sangat membantu jika Anda tidak memiliki kemampuan untuk mengedit foto.

Bisa Menautkan Media Sosial Lain

Salah satu manfaat jualan online di Instagram adalah Anda bisa menautkan akun Anda dengan akun jejaring sosial lain. Sehingga setiap postingan produk atau jasa yang Anda unggah di Instagram juga akan otomatis terupdate di akun media sosial lainya. Jadi Anda tidak perlu mengunduh berulang-ulang di banyak media sosial. Cukup mengunggah di Instagram maka otomatis akan terupdate ke semua media sosial yang terhubung dengan akun Instagram Anda.

Anda bisa memilih dan menentukan media sosial apa saja yang akan dihubungkan dengan akun Instagram Anda.

Bisa Menggunakan Hastag

Melalui penggunaan hastag jualan online di Instagram akan lebih mudah, konten yang Anda unggah akan akan mudah ditemukan oleh pengguna Instagram yang belum mengikuti akun Anda. Hal ini bisa menjadi kesempatan untuk Anda agar terhubung dengan konsumen baru. Anda bisa memakai hingga 30 hastag pada setiap postingan yang Anda unggah. Setiap hastag akan memudahkan Anda untuk memperkenalkan produk dan jasa Anda ke banyak pengguna Instagram.

Bisa Membuat Akun Bisnis

Bagi Anda yang mengelola akun khusus untuk jualan online, Anda bisa membuat akun khusus untuk berjualan online agar terlihat lebih profesional. Ini memberikan banyak manfaat bagi Anda pengguna Instagram yang ingin berjualan online di Instagram. Anda dapat mengamati kinerja akun Anda melalui akun bisnis yang Anda buat. Anda bisa menambah tombol kontak, mengetahui demografi para pengikut akun yang Anda miliki.

Tips Jualan Di Instagram

Untuk dapat berjualan online di Instagram tidak mudah, Anda harus mengetahui bagaimana cara berjualan yang benar di Instagram. Anda harus menerapkan berbagai tips untuk berjualan di Instagram. Melakukan tips ini bertujuan agar angka penjualan Anda dapat meningkat.

Tentukan Audience

Sebelum melakukan promosi Anda harus menentukan target audience, Anda harus memahami orang-orang seperti apa yang membutuhkan apa yang Anda tawarkan. Dari sini Anda bisa menentukan brand voice dan konten yang sesuai.

Mengubah followers menjadi pembeli atau menjadi pelanggan akan lebih mudah. jumlah audience seperti ini memang sangat kecil. Akan tetapi sebagai permulaan hal ini cukup baik. Jika produk yang Anda miliki banyak, maka Anda bisa mengembangkan target audience dan cara jualan online yang baik.

Buat Akun Bisnis

Instagram menyediakan beberapa jenis akun, salah satunya adalah akun bisnis, akun bisnis di Instagram diperuntukkan bagi pengguna Instagram yang akan berjualan online di Instagram. Sebenarnya Anda bisa menggunakan akun personal untuk dapat berjualan online di Instagram, namun akan lebih baik jika Anda menggunakan akun bisnis untuk berjualan online di Instagram.

Untuk dapat membuat akun bisnis di Instagram cukup mudah. sebelum membuat akun bisnis di Instagram Anda harus membuat akun Facebook dan fanpage Facebook terlebih dahulu, karena kedua hal tersebut sangat diperlukan untuk dapat membuat akun Instagram

Buat Konten Menarik Yang Banyak

Di masa awal berbisnis dengan menggunakan Instagram, kalian akan lebih berkutat pada pembuatan konten di Instagram. Buat konten yang menarik sebanyak mungkin. Konten yang menarik akan menarik banyak pelanggan untuk mengunjungi akun Anda. Pembuatan konten harus dilakukan secara konsisten setiap hari.

Konten yang dibuat harus berdasarkan audience yang sudah ditentukan. Perhatikan juga aspek lain untuk dapat membuat konten menjadi menarik. Misalnya sudut pengambilan gambar, pencahayaan hingga efek-efek yang menarik. Pastikan Anda mengunggah konten di waktu yang tepat. Anda harus mengetahui kapan audience mengakses Instagram.

Gunakan Hashtag

Hastag tidak hanya membantu menegaskan konten yang Anda unggah, namun hastag juga membantu pengguna Instagram dalam menemukan hal yang mereka cari. Karena itu hashtag sering digunakan sebagai salah satu teknik penjualan di Instagram. Hampir 95% pengguna yang berjualan di Instagram menggunakan hastag pada setiap konten yang mereka buat. Hastag terbukti dapat menarik banyak pengikut.

Fitur hastag bisa digunakan untuk foto dan video pada Instagram. Akan tetapi penggunaan hastag juga harus dilakukan secara benar dan tepat. Pilihlah hastag yang tepat sesuai dengan produk dan jasa yang Anda tawarkan. Sesuaikan dengan brand yang akan Anda tawarkan. Gunakan hastag dengan tidak berlebihan. Menggunakan terlalu banyak hashtag hanya akan membuat follower Anda terganggu saat melihat postingan yang Anda buat.

Contoh Tokoh Sukses Di Instagram

Daniel Wellington adalah salah satu pengguna Instagram yang sukses berjualan di Instagram dengan memasarkan jam tangan. Cara yang dilakukan Daniel Wellington adalah dengan memberikan jam tangan gratis kepada setiap orang yang mempunyai followers banyak di Instagram. Syaratnya orang-orang yang dikirimkan jam tangan harus memposting jam tangan tersebut di Instagram.

Dan ternyata pemasaran ini memiliki dampak yang besar bagi Daniel Wellington.

Di tahun 2015 Daniel Wellington mampu menjual 1 juta jam dengan keuntungan yang sangat besar hingga $220M. Penjualan yang meningkat ini merupakan hasil dari kreativitas yang dimiliki oleh Daniel Wellington.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk jualan online di Instagram? Berbisnis melalui Instagram memiliki banyak keuntungan bukan? untuk berbisnis melalui Instagram Anda harus memiliki ketekunan dan semangat agar bisa menciptakan banyak kreativitas sehingga akan memberikan keuntungan bagi Anda dalam berjualan online di Instagram.

cara mudah daftar gofood-11

Cara Mudah Daftar GoFood

Yoko Widito in Info Bisnis
  ·   2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *