Info Bisnis

Semakin Menjamurnya Bisnis Franchise: Waralaba adalah?

Bisnis waralaba adalah usaha franchise yang saat ini sedang tren di mana-mana. Banyak orang yang kemudian memasukkan modalnya ke bisnis ini. Tidak...

Written by Agung Sanjaya · 1 min read >
waralaba adalah

Bisnis waralaba adalah usaha franchise yang saat ini sedang tren di mana-mana. Banyak orang yang kemudian memasukkan modalnya ke bisnis ini. Tidak disangka-sangka memang jika bisnis ini banyak menguntungkan sejumlah pengusaha di bidang ini. Lantas apa sih sebenarnya bisnis ini?

Mengenal Serba-Serbi Bisnis Waralaba adalah Franchise

Waralaba merupakan jenis usaha yang mengikat antara kedua belah pihak, yaitu dalam penjualan barang dan jasa dari salah satu pihak yang kemudian dibeli kekayaan dan hasil intelektualnya dan salah satu pihaknya lagi memberikan keuntungan atau imbalan kepadanya.

Berikut dua jenis waralaba yang ada.

  1. Waralaba Luar Negeri

Jenis waralaba ini merupakan salah satu yang banyak diminati oleh pasar, karena sudah memiliki sistem yang jelas. Selain itu, merek produknya sudah dikenal dan dapat diterima oleh masyarakat luas secara internasional.

  1. Waralaba Dalam Negeri

Jenis waralaba ini sangat cocok bagi pemula usaha franchise, karena biasanya para pemula masih kekurangan ide usaha dan kemampuan dalam pengaturan strategi usaha yang hendak dijalankan.

waralaba adalah

Berbagai Keuntungan Menjalankan Bisnis Waralaba

Banyak sekali keuntungan yang dapat Anda peroleh ketika memutuskan untuk menjalankan bisnis waralaba ini. Berikut sejumlah keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

  1. Manajemen yang Sudah Terbangun

Berbeda dengan membangun bisnis sendiri, bisnis ini sudah memiliki manajemen yang siap dan matang sehingga bisa langsung dilepas ke pasaran.

  1. Merek atau Brand Sudah Dikenal

Merek atau brand ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat sehingga lebih mudah dalam memasarkannya. Dengan begitu, tidak perlu susah-susah merebut hati konsumen.

  1. Kerja Sama Sudah Dibangun Sejak Awal

Orang yang membuka bisnis waralaba ini sudah memiliki kerja sama yang terbangun sejak awal. Dengan begitu, ketika Anda menjalankannya Anda tidak perlu bingung melakukan kerja sama baru oleh sejumlah franchisor.

  1. Sukses Lebih Cepat

Tidak menutup kemungkinan bahwa bisnis ini bisa menghantarkan Anda untuk sukses dengan lebih cepat. Tentu hal ini karena bisnis ini sudah memiliki pasar yang jelas, modalnya juga terstruktur sehingga tidak perlu bingung memulai dari awal.

  1. Manajemen Finansial Lebih Mudah

Ketika menjalankan bisnis waralaba, sistem manajemen finansialnya sudah ditetapkan oleh pihak waralaba utama sehingga Anda tidak perlu pusing merancangnya satu per satu.

Meski memiliki banyak sekali keuntungan yang menarik. Setiap usaha tentu ada kekurangannya. Bisnis waralaba ini juga memiliki sejumlah kekurangan, antara lain sebagai berikut.

  1. Kurangnya kendali yang dimiliki oleh pihak waralaba terhadap bisnis yang sedang dijalankan. Inilah yang menyebabkan ruang gerak bagi para pembeli bisnis waralaba menjadi terbatas.
  2. Meski sudah memiliki pasar yang jelas, akan tetapi biasanya para pembeli waralaba sering terjebak dengan tren. Hal ini akan sangat berpengaruh pada bisnis waralaba.
  3. Ketergantungan pada reputasi waralaba ini akan menyebabkan imbas yang besar kepada pembeli waralaba ketika pihak waralaba utama melakukan kesalahan dalam bisnisnya.
  4. Membutuhkan modal yang banyak, karena akan ada biaya awal untuk membeli perjanjian waralaba dan ada juga biaya lanjutan untuk pelatihan.
  5. Ada pemotongan keuntungan yang digunakan sebagai royalti atas keuntungan yang akan didapatkan oleh para pembeli waralaba. Jika keuntungan yang sedikit itu dipotong maka Anda juga hanya akan memperoleh besaran keuntungan yang lebih sedikit lagi.

Sekarang, sudah tahu bukan bahwa bisnis waralaba adalah bisnis yang serupa dengan franchise? Anda bisa memilih untuk menjadikan ini ide sambilan Anda di samping Anda bekerja dari kantor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *