Info Bisnis

Menilik Peluang Bisnis Rumahan Dengan Modal Kecil

Peluang bisnis rumahan memang selalu menarik untuk dikembangkan. Dengan modal yang kecil, tidak membutuhkan biaya transportasi dan biaya makan seperti pekerja kantoran,...

Written by Rachmad · 1 min read >
Peluang bisnis rumahan

Peluang bisnis rumahan memang selalu menarik untuk dikembangkan. Dengan modal yang kecil, tidak membutuhkan biaya transportasi dan biaya makan seperti pekerja kantoran, peluang usaha rumahan menjadi cukup besar. Sudah banyak kisah sukses dari pekerja kantoran yang berhenti dari pekerjaannya demi membuka usaha rumahan.

Meski terlihat mudah dan sederhana, membuka bisnis rumahan harus memperhitungkan aspek-aspek bisnis. Jika sembarangan membuka  usaha tanpa memikirkan pasar, memperhitungkan modal yang dimiliki, dan juga memperhitungkan strategi promosi, maka bisa-bisa usaha yang dijalankan malah merugi.

Beberapa Peluang Bisnis Rumahan Dengan Modal Kecil

Sebelum mengetahui faktor-faktor yang harus diperhatikan saat membuka bisnis rumahan, mari kita lihat contoh-contoh bisnis rumahan dengan modal kecil.

  • Jual beli pulsa. Melakukan bisnis jual beli pulsa dapat dilakukan oleh siapa saja. Hanya dengan bermodalkan ponsel dan membeli paket pulsa atau internet di agen, Anda sudah dapat berjualan pulsa kepada orang lain.
  • Berjualan makanan. Bisnis rumahan berjualan makanan seperti camilan, makanan ringan, hingga katering juga dapat dilakukan. Jika Anda memasak sendiri di rumah, maka akan memerlukan modal yang tidak terlalu besar untuk membeli bahan-bahan masakan. Terlebih lagi jika fasilitas seperti kompor, wajan, dan yang lainnya sudah tersedia di rumah. Biasanya bisnis ini dilakukan oleh ibu rumah tangga untuk sekedar mengisi waktu luang ataupun membantu keuangan keluarga.
  • Freelance desain grafis. Jasa desain grafis bisa menjadi alternatif untuk Anda yang memiliki kemampuan mendesain. Biasanya jasa desain ini mencakup pembuatan logo, kartu nama, desain banner, kaos, merchandise, dan yang lainnya. Modalnya juga tidak besar hanya dengan skill mendesain dan komputer atau laptop.
  • Usaha menjahit pakaian. Usaha ini dapat dijadikan bisnis bagi Anda yang hobi membuat pola dan menjahit pakaian. Modal yang dikeluarkan juga tidak banyak yaitu hanya mesin jahit, benang, jarum, dan beberapa peralatan jahit lainnya.
  • Jasa laundry kiloan. Membuka usaha laundry membutuhkan lebih banyak modal daripada yang telah disebutkan tadi. Usaha ini memerlukan tempat dan membeli peralatan untuk mencuci pakaian. Sekarang juga banyak terdapat usaha laundry franchise dengan mengeluarkan modal tertentu akan dapat membeli merek dagang produk mereka.
  • Dropshipper atau reseller. Dropship barang apapun biasanya tidak membutuhkan modal besar. Hanya perlu ponsel untuk memasarkan produk secara online.

Yang Harus Diperhatikan Saat Membuka Bisnis Rumahan

Membuka bisnis rumahan dapat dilakukan oleh siapapun, akan tetapi perlu diperhatikan beberapa faktor yang mendukung untuk kelancaran bisnis nantinya seperti:

  • Sesuai dengan passion. Penting untuk membuka bisnis sesuai dengan minat yang dimiliki. Jika Anda suka menjahit, maka dapat membuka bisnis menjahit atau desainer pakaian. Tidak mungkin seorang penjahit akan dipaksa membuka bisnis fotografi yang tidak sesuai dengan passionnya.
  • Menentukan visi dan misi yang ingin dicapai. Visi dan misi penting untuk keberlangsungan usaha ke depannya. Apa yang ingin dicapai, dan bagaimana cara mencapainya. Setiap pebisnis harus memiliki visi dan misi yang jelas sehingga tahu ke mana arah bisnis yang dilakukan.
  • Menganalisis pasar. Sebelum menjual produk, pebisnis rumahan harus mengetahui pasar dari produk yang dijualnya. Jika di sekitarnya terlihat peluang pasar yang besar, maka bisnis tersebut layak untuk dilakukan. Jika tidak, sebaiknya jangan dipaksakan.
  • Strategi promosi yang tepat. Promosi penting untuk memperkenalkan produk kepada khalayak.

Baca juga : Di 2020, Gunakan Instagram Marketing untuk Bisnis, JANGAN YANG LAIN….!!!

Semoga artikel di atas dapat memberikan kejelasan mengenai peluang bisnis rumahan yang menghasilkan banyak keuntungan. Sehingga nantinya Anda dapat membuka bisnis sesuai dengan keinginan dan passion.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *