Mengenal Investasi Asuransi Yang Menguntungkan

2 min read

mengenal-investasi-asuransi-menguntungkan-1

Info Bisnis -Saat ini asuransi sudah mulai memperkenalkan instrumen investasi asuransi yang tidak hanya menawarkan proteksi melainkan juga perencanaan keuangan. Ini dikarenakan pengelolaan proteksi dan perencanaan keuangan adalah hal yang tidak terpisahkan dalam sebuah keluarga.

Saat kepala keluarga masih berada dalam usia produktif banyak yang berpikir kalau saat investasi asuransi bukanlah sesuatu hal yang penting dan urgent. Tapi bagaimana kalau kepala keluarga sudah tidak produktif lagi atau meninggal dunia? Keuangan keluarga sudah dipastikan akan mengalami gangguan, karena pencari nafkah utama sudah tidak ada lagi. Resiko paling parah adalah semua rencana keuangan yang sudah dibangun akan menjadi berantakan.

mengenal-investasi-asuransi-menguntungkan-1

Inilah yang kemudian ditawarkan oleh investasi asuransi, dimana proteksi sekaligus investasi menjadi daya tarik utama. Sehingga saat resiko menimpa kepala keluarga sekaligus pencari nafkah utama, keuangan keluarga tidak terlalu terganggu dan tidak mengganggu rencana keuangan yang sudah dibangun sebelumnya.

Inilah pertimbangan utama banyak orang yang mulai melirin investasi asuransi sebagai salah satu instrumen yang wajib dimiliki.

Ada beberapa faktor dan juga kelebihan serta kekurangan yang harus diperhatikan saat anda mulai memutuskan untuk mengambil investasi asuransi.

Faktor faktor yang harus diperhatikan

1.Berapa pertanggungan asuransi jiwa yang dibutuhkan

Ini adalah alasan utama dalam mengambil investasi asuransi. Semakin besar pertanggungan asuransi jiwa yang diambil maka dipastikan biaya akan semakin meningkat, namun akan mempermudah keluarga anda jika suatu saat terjadi resiko.

Sebenarnya memperkecil pertanggungan jiwa bukanlah ide yang baik, karena poin utama dari asuransi jiwa adalah memastikan kebutuhan keluarga tetap terjamin pada saat resiko itu datang.

Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk ini, tapi anda juga harus memperhitungkan berapa pertanggungan yang tepat demi kelangsungan hidup keluarga anda.

2.Berapa lama asuransi tersebut dibutuhkan

Hitung usia anda saat ini dan pertimbangkan berapa lama anda akan melidungi diri anda dengan asuransi. Investasi asuransi akan lebih mahal daripada polis berjangka karena investasi asuransi tidak hanya melindungi anda pribadi dalam jangka waktu tertentu tapi juga ada biaya investasi yang mempermudah anda di kemudian hari.

Seharusnya ini dipikirkan sejak dini, namun yang terjadi pada kebanyakan orang adalah mengambil investasi asuransi saat umur sudah mulai menua. Apakah ini terlambat? Sebenarnya terlambat, karena investasi tidak akan berjalan optimal, tapi lebih baik bukan daripada tidak sama sekali.

3.Bagaimana hasil investasi jika dibandingkan dengan biaya asuransi?

Saat mengambil investasi asuransi maka anda akan dikenakan premi yang kemudian akan menjadi dana tunai yang berkembang berdasarkan alokasi investasi yang anda pilih. Apakah pasar uang, moderat atau saham (agresif). Selain itu setiap investasi asuransi memiliki alokasi keuntungan dan invstasi yang berbeda beda dari setiap perusahaan, ini menjadi PR anda untuk melihat bagaimana cara kerjanya dan pilih yang paling menguntungkan untuk anda. Apakah di kemudian hari anda bisa mengambil dana tunai ini untuk beberapa kebutuhan seperti biaya pendidikan atau pensiun?

Baca jugaTips Investasi Reksadana Untuk Mahasiswa

Perhatikan juga faktor resiko, karena investasi di bidang apapun pasti akan mengandung resiko. Jangan sampai antara hasil investasi tidak berimbang yang berakibat menurunnya nilai investasi asuransi anda. Perhatikan juga biaya biaya yang ada jangan sampai membebani produk investasi asuransi yang anda pilih.

Kelebihan investasi asuransi

mengenal-investasi-asuransi-menguntungkan-2

1.Lebih praktis

Investasi asuransi lebih praktis karena anda tidak perlu membayar di dua tempat yang berbeda. Cukup dengan membayar satu saja anda sudah mendapatkan dua manfaat sekaligus. Menghemat waktu dan biaya.

2.Variasi asuransi

Walapun sebuah investasi, namun pada dasarnya ini adalah sebuah produk asuransi yang memiliki beberapa variasi, dimana anda bisa memilih sendiri asuransi apa saja yang akan anda ambil bersamaan dengan investasi anda. Apakah asuransi jiwa, kecelakaan, kesehatan atau perlindungan terhadap penyakit penyakit kritis yang di bundle dengan investasi.

3.Mudah

Banyak perusahaan asuransi yang sudah mempermudah pembayaran asuransi anda. Tidak perlu datang ke kantor asuransi, anda bisa membayarnya melalui debet, baik itu otomatis atau manual. Anda juga sudah bisa membayar melalui kartu kredit supaya lebih mudah pengelolaanya yang akan dibayarkan sekaligus dengan yang lain di akhir bulan.

Kekurangan investasi asuransi

kekurangan-investasi-asuransi-1

1.Premi

Premi investasi asuransi akan lebih mahal daripada polis berjangka biasa. Bahkan jika dibandingkan dengan mengambil asuransi dan investasi secara terpisah premi investasi asuransi akan lebih mahal karena menggabungkan dua instrumen yang berbeda investasi dan asuransi.

Terlebih saat anda mengambil beberapa asuransi sekaligus yang juga semakin meningkatkan premi investasi asuransi yang akan anda ambil.

2.Nilai tunai

Nilai tunai yang terbentuk pada investasi asuransi lebih kecil dibandingkan anda mengambil investasi secara terpisah. Anda harus teliti disini dan harus benar benar mengerti jangan sampai keputusan anda dipilihkan oleh pihak asuransi karena anda tidak mengerti.

Jangan sampai nilai tunai anda lebih kecil dari premi yang anda bayarkan. Kenali investasi asuransi yang akan anda ambil, dan pilih sendiri alokasi investasi apa yang anda pilih.

3.Investasi bisa hilang

Kondisi ini akan terjadi saat anda memutuskan untuk berhenti. Pada kondisi ini investasi anda akan hilang dan anda akan mengalami kerugian, terlebih lagi program anda baru berjalan beberapa tahun saja.

Maka dari itu sebelum anda memutuskan mengambil anda harus benar benar mengukur kemampuan ekonomi anda dan perhitungkan juga biaya biaya yang akan timbul semasa anda mengambil investasi asuransi supaya tidak terjadi hal seperti ini.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *