Keuntungan dan Kerugian Invenstasi Bitcoin

2 min read

keuntungan-kerugian-investasi-bitcoin-1

Info Bisnis – Satoshi Nakamoto adalah sosok dibalik terciptanya bitcoin pada krisis keuangan global pada tahun 2008 silam. Sampai saat ini belum diketahui siapa sosok Satoshi Nakamoto ini. Bitcoin bergerak dan beroperasi di luar pemerintah pusat dan sempat digadang gadang sebagai mata uang digital yang kelak akan menggantikan mata uang di seluruh dunia.

Cara kerja Bitcoin yang menentang regulator membuatnya ditentang oleh beberapa negara. Meski begitu ada beberapa negara yang mendukung bitcoin sebagai salah satu metode pembayaran yang sah, salah satunya adalah Jepang, India, Filipina dan Rusia.

keuntungan-kerugian-investasi-bitcoin-1

Saat ini bitcoin menjadi fenomena tersendiri dan inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk memiliki dan menginvestasikan uangnya ke dalam bitcoin. Apakah anda tertarik juga untuk menginvestasikan uang anda ke dalam bitcoin ini?

Sebelum anda benar benar terjun, sebaik nya anda mempelajari terlebih dahulu apa sala kelebihan dan kelemahan bitcoin supaya anda benar benar memahami investasi bitcoin ini.

Kelebihan Bitcoin

  1. Saat ini peredaran bitcoin berada dalam jaringan komputer dunia. Ini memudahkan kita untuk melakukan transaksi keluar dan masuk uang kapanpun dan dimanapun tanpa terbatas kendala kendala teknis seperti yang terkadang dialami saat melakuka transaksi melalui bank.
  2. Penyimpanan bitcoin sampai saat ini benar benar bebas biaya. Kalaupun ada biaya, biaya itu dikenakan oleh para penyedia wallet bitcoin. Itupun mereka harus mendapatkan persetujuan dari pemilik bitcoin sebelum mengenakan biaya.
  3. Lebih aman karena pembayaran yang dilakukan dalam bitcoin sepenuhnya terjadi dalam enkripsi/kriptografi. Inilah yang membuat data data dan info pribadi anda aman dari jangkauan orang orang yang tidak bertanggung jawab. Keamanan inilah yang membuat bitcoin simpanan anda jadi menjadi jauh lebih aman.
  4. Tidak ada yang bisa mengontrol protokol bitcoin, baik itu perorangan, lembaha maupun pemerintah. Otomatis membuat bitcoin menjadi jauh lebih ketat keamanannya karena tidak ada yang bisa campur tangan ke dalam bitcoin itu sendiri.
  5. Biaya transaksi bitcoin terkenal sangat rendah, bahkan ada beberapa kondisi yang bnar benar nol. Bahkan saat anda mencairkan bitcoin ke dalam bentuk mata uang melalui exchange biaya yang dikenakan amat sangat rendah, jauh lebih rendah daripada saat anda melakukan transaksi via bank baik itu trasaski biasa ataupun kartu kredit. Apabila dibandingkan dengan PayPal, biaya transaksi masih jauh lebih murah.

Kelemahan Bitcoin

  1. Bitcoin masih belum banyak dikenal banyak orang sebagai mata uang digital yang dapat dilakukan sebagai alat pembayaran. Selai itu masih ada beberapa negara yang masih menolak bitcoin sebagai salah satu bentuk mata uang dan alat pembayaran yang sah.
  2. Perusahaan yang menerima bitcoin jumlahnya masih sangat sedikit. Dan kalaupun ada terkadang edukasi mengenai bitcoin ke customer service masih sangat rendah sehingga membuat ketidaknyamanan dalam transaksi. Ini kembali lagi ke faktor pertama, dimana bitcoin belum banyak dikenal banyak orang.
  3. Volatilitas harga bitcoin masih sangat tinggi setiap harinya. Inilah yang kemudian membuat harga naik dan turun setiap harinya dengan drastis. Tidak ada kata stabil dalam pergerakan bitcoin setiap harinya.
  4. Walaupun sudah cukup lama, bitcoin sampai saat ini masih dalam tahap pengembangan yang masih memiliki fitur yang sangat terbatas.
  5. Walaupun beberapa negara sudah mengakui bitcoin sebagai salah satu alat pembayaran, tapi sampai saat ini tidak ada satupun pemerintah di dunia yang menjamin regulasi bitcoin. Di Indonesia sendiri, BI Sudah menyatakan kalau bitcoin bukan sebuah alat pembayaran yang sah. Jadi kalau ingin menggunakannya maka resiko sepenuhnya di tangan anda.

Inilalh kelebihan dan kelemahan dari Bitcoin yang harus anda perhatikan kalau anda ingin masuk ke dalam dunia bitcoin ini.

Fakta Bitcoin yang wajib diketahui

keuntungan-kerugian-investasi-bitcoin-2

Selain kelebihan dan kelemahan bitcoin diatas ada berberapa fakta yang sebaiknya anda perhatikan kalau ingin berinvestasi bitcoin.

1.Demand Tinggi

Kalau kita melihat kebelakang sejak pertama kali keluar tahun 2008 hingga tahun 2013 bitcoin masih belum banyak diminati. Bahkan pada bulan Januari 2013 1 BTC masih berharga sangat murah sekitar $13 saja. 6 tahun berlalu sejak saat itu, kini pada bulan Mei 2019 1 BTC sudah berharga $5,742 atau lebih dari Rp. 80juta.

Kalau saja ada yang membeli BTC pada bulan Januari 2013 berapa nilai yang dimiliki saat ini?

2.Dikembangkan Dengan Idealisme

Tidak ada satupun negara yang ikut campur dalam peredaran bitcoin di dunia ini, inilah yang kemudian membuat bitcoin lebih aman saat dunia terjadi krisis finansial dimana bitcoin nilainya tidak akan terpenaruh dan harganya akan jauh lebih stabil namun tetap memiliki volatilitas tinggi setiap harinya.

3.Bitcoin Lebih Aman

Sampai saat ini belum ditemukan satupun kasus pemalsuan bitcoin karena bitcoin ini sama sekali tidak memiliki wujud. Berbeda dengan mata uang fisik yang rentan akan pemalsuan, semakin canggih pemerintah membuat mata uang maka semakin canggih pula teknologi para pemalsu untuk membuat uang palsu semakin mirip dengan aslinya.

4.Mata Uang Global

Saat anda memiliki bitcoin, sama artinya dengan anda memiliki mata uang global. Karena pemain bitcoin tidak hanya dari satu negara saja melainkan dari seluruh dunia. Kalau masih ingat dengan kasus virus Ransomware WannaCry yang sempat menyerang Indonesia, pihak yang terserang virus ini diharuskan membayar puluhan juta dalam bentuk bitcoin untuk dapat kembali mengakses data dalam jaringan komputer tersebut.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *