Info Bisnis

Ketahui hal penting ini sebelum mulai usaha bisnis ritel

Ketahui hal penting ini sebelum mulai usaha bisnis ritel – Banyak orang terjun dalam usaha bisnis kecil dan mungkin juga usaha ritel...

Written by Agung Sanjaya · 2 min read >
Ketahui hal penting ini sebelum mulai usaha bisnis ritel [808 Kata]

Ketahui hal penting ini sebelum mulai usaha bisnis ritel РBanyak orang terjun dalam usaha bisnis kecil dan mungkin juga usaha ritel yang menjadi pilihan menjanjikan sekarang. Dengan mempunyai akses mudah membuat Anda juga memiliki hasrat yang besar untuk menjalankan bisnis semacam ini. Terlebih lagi dengan adanya dukungan dari pemerintah dan pihak-pihak swasta yang ikut andil dalam hal memudahkan ketersediannya modal dari segi pinjaman meminjam di lembaga keuangan. Sekarang sudah banyak jenis usaha yang semakin populer dan dapat jadi pilihan karena semua itu mempunyai potensi keuntungan sangat menjanjikan saat ini. Oleh karena itu yang menjadi satu sorotan usaha paling  menjanjikan tersebut yakni bisnis ritel. Bisnis ritel ini berasal dari kata retail, dimana jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah eceran. Namun secara ringkasnya bisnis ritel bisa kita didefinisikan menjadi satu bisnis usaha menjual barang ataupun jasa baik itu dalam jenis satuan kecil maupun eceran. Jadi bisa dikatakan ini adalah bisnis yang menjajikan sebagai ladang subur. Dengan menjalankan atau memiliki bisnis ritel dapat menjadi kebutuhan bagi banyak konsumen setiap harinya karena bisa kita katakana bahwa tidak mungkin dalam rumah tangga tidak membeli barang-barang pokok seharinya dalam skala yang besar. Termasuk di bisnis usaha ritel seperti warung-warung kecil, warung kelontong, minimarket, supermarket dan lain sebagainya.

Hal penting yang wajib diperhatikan sebelum mulai usaha bisnis ritel

Ketahui hal penting ini sebelum mulai usaha bisnis ritel [808 Kata]

Jika anda ingin memulai usaha bisnis ritel, maka Anda wajib untuk mempertimbangkan hal-hal tersebut. Sebagai contohnya adalah berikut ini.

1.Barang Jualan

Disini Anda wajib untuk survei barang apa saja yang banyak dibutuhkan dari target konsumen Anda nanti. Jika Anda dapat melengkapi toko semakin itu akan sangat baik. Saat Anda telah mengetahui barang-barang yang banyak dibutuhkan ataupun sering dicari, sekarang Anda dapat mencari perusahaan atau distibutor sebagai pemasok barang-barang ke toko Anda. Didalam usaha bisnis toko, disni stock batang merupakan bagian paling penting, baik itu dilihat pada sisi harga dan juga permodalannya. Jadi disinilah, pastikan Anda dapat menemukan distributor yang memberikan harga terendah dan menawarkan harga terbaik. Dengan menjadi pelaku bisnis ritel, Anda secara tidak langsung menjadi seperti sebagai penyalur dari tangan ke dua oleh distributor pada konsumen. Jadi Anda wajib menjalin kemitraan dengan baik dan itu menjadi kebutuhan Anda dari distributor.

 

2.Kenali dengan baik pelanggan Anda

Jika Anda sudah rahu barang yang akan dijual, sekarang Anda wajib berpikir tentang kehadiran konsumen. Karen jika tidak ada konsumen, maka bisnis ini tidak dapat berkembang dengan cepat. Anda wajib untuk mempelajari secara baik dan menghadirkan toko yang berbeda dari toko lainnya. Jadi sebaiknya, Anda memilah-milah barang secara baik yang berdasarkan kategorinya hal ini tentu akan membuat pelanggan lebih mudah temukan barang yang sedang dicarinya. Hal tersebut bisa Anda manfaatkan agar pembeli dapat tertarik membeli produk yang Anda jual. Tidak boleh Anda lupakan juga tanda harga barang atau produk karena itu adalah proses yang membuat mudah calon pembeli membeli barang Anda. Hal lainnya yang tidak boleh Anda lupakan juga yaitu dalam hal pelayanan terhadap pelanggan. Pastinya kita pernah mendengar kata-kata seperti ini tamu adalah raja. Namun itu tidak berarti bahwa diri kita berada dibawah pembeli, akan tetapi lebih menghargai kehadiran mereka dengan cara melayani secara baik. Jika dalam pelayanan yang dapat kita berikan dengan baik, maka bisa dipastikan ini akan membuat pembeli kembali lagi saat mencari kebutuhan ke toko kita. Kuncinya untuk memberikan pelayanan yang baik yaitu ramah, sopan, dan informatif.

3.Lokasi

Pada poin ketiga ini terbilang sangat penting yakni adalah pemilihan lokasi. Lokasi bisa dikatakan penting karena harus dipertimbangkan secara matang sebelum kita membuka bisnis ritel. Bisa dikatakan bisnis ritel masuk dalam kategori bisnis yang cepat terjual diberbagai kondisi maupun lokasinya, namun jika Anda ingin bisnis ini dapat berkembang secara cepat diantara para pesaing yang ada? Maka poin ini menjadi faktor penting dalam pemilihan lokasi menentukan kondisi tersebut. Di sini Anda juga dapat melakukan survei kecil-kecilan dengan cara mengetahui berapa banyak orang yang melintas di sekitar lokasi calon tempat toko Anda? Siapa saja yang sering lewat disekitar lokasi? Barang apa saja yang akan dibutuhkan calon pembeli? Dengan begitu bisa kita simpulkan bahwa faktor penentuan lokasi tidak juga pada lokasi geografisnya akan tetapi dapat dilihat juga dari sisi sosiologinya. Bisa dikatakan hal tersebut berbeda jika Anda mendaftarkan toko ritel di sebuah pusat pembelanjaan dan ini akan membuat Anda harus mengikuti segala aturan yang ada dari pusat pembelanjaan.

4.Manajemen dan sistem

Untuk yang terakhir adalah disini Anda membutuhkan bantuan dari seorang manajer dalm hal tugas harian, dimana Anda harus temukan karyawan yang sesuai dengan bisnis ritel dan lain sebagainya. Jelas dalm hal ini jika bisnis ritel Anda ini masuk dalam kategori menengah sampai sekala besar, jadi Anda tidak akan mungkin menjalankannya sendiri. Dari masalah pada keuangan, mungkin Anda bisa menerapkan sistem POS ( Point Of Sale) dibagian kasir Anda. Jadi di sini Anda harus berpikir secara matang, karena semua hal tersebut berkaitan dengan hasil akhirnyaa dari bisnis Anda. Disini juga Anda tidak boleh melupakan satu hal yakni mempertimbangkan masalah gaji maupun tunjangan bagi karyawan Anda. Dengan memperhatikan hal ini, maka Anda secara tidak langsung benar-benar memberikan kenyamanan bagi karyawan Anda.

cara mudah daftar gofood-11

Cara Mudah Daftar GoFood

Yoko Widito in Info Bisnis
  ·   2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *