Info Bisnis

Inilah strategi marketing agar produk cepat terjual

Inilah strategi marketing agar produk cepat terjual – Supaya suatu produk dapat terjual dan bisa cepat diterima masyarakat pastinya membutuhkan sebuah strategi...

Written by Agung Sanjaya · 3 min read >
Inilah strategi marketing agar produk cepat terjual [1.081 Kata]

Inilah strategi marketing agar produk cepat terjual – Supaya suatu produk dapat terjual dan bisa cepat diterima masyarakat pastinya membutuhkan sebuah strategi (marketing) pemasaran yang jitu, tepat dan akurat. Dari ke tahapan pemasaran tersebut bisa dikatakan harus dipahami oleh sales penjualan, terutama untuk sales yang akan memasarkan produknya agar dapat cepat terjual. Mengapa hal demikian wajib untuk dipahaminya? Karena hal ini menyangkut dengan tidak memperhatikan produk saja yang akan di pasarkan jika masih tidak paham terhadap metode, konsep, dan terlebih pada teknik marketingnya. Hal ini yang bisa dipastikan akan membuat sesorang mengalami kesusahan saat menjaring pelanggannya. Selanjutnya langkah apa yang dapat memudahkan untuk menjalankan penjualan ini?

Strategi marketing agar produk cepat terjual

Sebut saja ada lima tahap dalam hal pemasaran produk yang dapat dilakukan menurut ilmu ekonomi bisnis. Dalam hal ini memiliki istilah yang di namakan dengan strategi marketing AIDAS. Di bawah ini akan kami jelaskan ke lima kemampuan nii yang wajib di kuasai oleh seorang marketing yang ingin menjadi hebat.

  • (Attention) Ini merupakan cara supaya orang-orang dapat menaruh perhatian kepada produk yang sedang kita tawarkan ke mereka.
  • (Interest) Ini merupakan adalah bagian untuk membuat calon pelanggan tertarik pada produk kita.
  • (Desire) mempunyai arti kuat yakni hasrat, di mana yang di maksudnya adalah bagimana seorang marketer bisa menghidupkan hasrat calon pembelinya untuk membeli produk yang ditawarkannya.
  • (Action) ini jika di artikan ke dalam bahasa Indonesia adalah aksi dan itu bagaimana kita dapat mengarahkan calon pembeli agar dapat melakukan transaksi atau finis dengan membeli produk yang kita tawarkan.
  • (Satisfaction) Satisfaction yakni adalah tentang kepuasan. Kita harus bisa menjadi seorang marketing yang mampu memberikan pelayanan memuaskan pada semua pelanggan meskipun membeli ataupun tidak membeli produk kita.

Jika dari lima poin tersebut dapat di beri jawaban yang sistematis, maka barang-barang atau jasa yang di jual akan bisa dipastikan mempunyai peluang besar terjual dengan cara yang cepat. Namun perlu harus di ingat bahwa dari kelima langkah penjualan tersebut ada satu rangkaian di mana proses ini masih saling berhubungan dari poin satu ke yang lainnya. Sehingga ini dapat dikatakan menjadi satu rantai dari bentuk perilaku konsumen saat pertama kita akan menawarkan produk pada mereka sampai terjadi poin closing/penjualan yang digambarkan dengan cara sederhana sepert ini:

Dari (Menyimak) Ke (Suka) Ke (Muncul hasrat ingin membeli) ke (Proses transaksi) berakhir di (Kepuasan).

Poin terpenting dari sebuah proses pemasaran yakni untuk menggapai kepuasan dari pelanggan dan itulah yang akan kembali membuat pelanggan membeli kembali produk kita tanpa mengulangi langkah-langkah pertama. Sekarang kita sudah mengetahui konsep bagaimana cara menjual sebenarnya sangatlah sederhana. Jadi hal paling terpenting disini yakni bagaimana kita bisa terapkan konsep diats tadi. Sebelum Anda bisa mengikutnya, lihat terlebih dahulu contoh yang kami berikan di bawah ini.

Contoh Konsep Strategi Pemasaran Aidas

Inilah strategi marketing agar produk cepat terjual [1.081 Kata]

Saat seseorang sedang belajar tentang teori bisnis, hal yang biasanya akan dialaminya adalah mengalami beberapa kesulitan pada awal karena membayangkan hal ini. Meski demikian yang terjadi, sebaiknya kita harus tetap tenang akan situasi tersebut. Karena itu kami disini coba jelaskan kepada anda semua contoh-contohnya agar lebih mudah pahami teori konsep Aidas ini.

1.Contoh Attention

Contoh ini adalah langkah pertama dalam membangun sistem marketing yang kuat. Jadi apa yang harus dilakukan seorang marketing disini? Sedikit contoh, pastinya Anda pernah menonton atau melihat sebuah iklan ditelevisi di mana tayangan ini tidak memperlihatkan merk atau produknya diawal? dari iklan-iklan tersebut kesannya mungkin tidak jelas yang Anda lihat selama beberapa hari, namun pada kenyataannya itu adalah iklan produk mie instan. Jadi seperti itulah contoh nyata penerapan konsep attention tersebut. Semua orang akan dibuat bertanya-tanya akan produk yang di iklankan?

2.Contoh Interest

Masih terhubung pada poin sebelumnya tentang produk mie instan tadi yang ternyata juga terapkan 4 konsep ini bersamaan yaitu Attention, Desire, Interest, dan Action. Jadi saat seseorang telah memiliki perhatian, akhirnya iklan tersebut ditayangkan secara penuh. Jadi rasa tertarik (interest) maka akan muncul karena tidak terdapat varian mie instan dengan rasa yang berbeda seperti ini sebelumnya. Jika dari pertama iklan sudah diperlihatkan produk yang akan ditawarkan maka ada kemungkinan besar calon pembeli tidak tertarik membelinya. Namun berkat ada rasa penasaran hal inilah yang membuat mereka menjadi tertarik dan semakin penasaran. Berlanjut dari interest yang akan tumbuh desire atau hasrat untuk calon pelanggan membelinya. Sehingga dari rasa hasrat ini yang muncul dari calon pelanggan akan membuat mereka mendatangi toko atau minimarket untuk membelinya, hal inilah yang dinamakan Action.

3.Contoh Desire

Sebuah promosi unik akan lebih menarik perhatian calon pelanggan dan lebih membekas di ingatan calon pembeli, hal inilah yang menjadi bagian startegi marketing kuat. Jadi ini adalah alasan mengapa banyak jasa operator lebih mementingkan menerapkan pemasaran melalui tayangan iklan. Karena  sangat berguna untuk menarik perhatian dari segmentasi pasar dan terlebih lagi bagi anak muda.

4.Contoh Action

Sekarang Anda harus tau, bagaimana menerapkan metode ini yang akan berguna untuk mempengaruhi calon pembeli dan kemudian mereka akan mengeluarkan uang untuk membeli produk kita? Karena hasilnya tidak akan berguna jika sudah berhasil menarik perhatian, serta berhasil membuat calon pembeli tertarik, dan juga telah menumbuhkan hasrat membeli namun di akhir gagal melakukan transaksi pembelian. Sebetulnya itu tidak sia-sia pada sebuah usaha yang sudah Anda dilakukan kali ini. Mengapa? karena sebesar apa hasrat dari seseorang pada barang dan jasa yang kita jual, namun mereka calon pembeli tidak punya uang, lantas apa yang bisa mereka lakukan untuk bayar produk kita? Jadi inilah dimana sesungguhnya seseorang marketing sedang mengalami ujiannya. Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat kita lakukan agar bisa memberikan arahan pada calon pembeli yang mengalami kendala melakukan transaksi pembayaran karena masalah uang. Disini Anda bisa memberikan arahan supaya calon pembeli memberikan DP diawal sebagai tanda pengikat barang yang akan dibelinya. Anda bisa juga memberikan arahan pada calon pembeli supaya membeli dengan cara kredit yang ditawarkan oleh perusahaan jasa pembiayaan dan lain sebagainya. Namun jika Anda sudah kenal dekat atau telah percaya pada konsumen Anda, maka bisa menawarkan pembayaran ini di belakang.

5.Contoh Satisfaction

Sekarang masuk di konsep terakhir dari pembahasan ini. Bagaimanakah kita dapat memberikan pelayanan yang baik pada calon pelanggan agar mereka merasa puas? Namun disini yang harus Anda ingat yaitu tidak perdulikan sebaik apapun pelayanan yang telah kita berikan, maka akan terasa sia-sia jika produk yang ditawarkan kurang berkualitas ataupun tidak bagus. Jadi yang kami maksudkan disini adalah melihat dari kesesuaian harga serta spesifikasi barang yang kita tawarkan pada calon pembeli kita. Apakah kita menerapkan strategi marketing ini telah benar dan menjamin barang kita supaya dapat terjual dengan mudah? Pada dasarnya adalah tidak ada yang dapat memberikan jaminan tersebut terlebih saat menerapkan teori bisnis seperti ini agar berhasil 100%. Kenapa demikian? karena aka nada banyak yang dapat menyebabkan kegagalan maupun kesuksesan dari teknik pemasaran seperti ini.

How to Sell Anything to Anyone - AIDA and 4Ps Method of Selling

Looking to learn how to sell? In this video I'll be explaining the AIDA method, the 4Ps of selling and 5 psychological hacks you can use to increase your ...

cara mudah daftar gofood-11

Cara Mudah Daftar GoFood

Yoko Widito in Info Bisnis
  ·   2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *