Info Bisnis

Cara Jualan Online Dropship Bagi Pemula Agar Sukses

Cara jualan online dropship banyak dipilih oleh para pemula dalam bidang bisnis untuk mencoba berjualan. Cara ini memang terbilang cukup mudah dan...

Written by Bambang Winarso · 7 min read >
ara jualan online dropship

Cara jualan online dropship banyak dipilih oleh para pemula dalam bidang bisnis untuk mencoba berjualan. Cara ini memang terbilang cukup mudah dan tidak memerlukan biaya yang banyak. Anda bisa memasarkan produk secara online. Para pelaku bisnis yang melakukan dropship di sebut dengan dropshipper. Biasanya para dropshipper hanya berperan sebagai jembatan antara pemilik barang dengan pelanggan.

Sehingga para dropshipper tidak memiliki stok barang yang dipasarkannya. Peran dropshipper hanya memasarkan produk yang dimiliki oleh supplier. Pihak dropshipper bisa mengambil untung sendiri dan menjalankan rencana bisnis yang sudah dibuatnya. Yang penting pihak dropshipper mampu memasarkan dengan baik dan bisa mendapatkan pasar yang sesuai.

Pihak supplier pun tidak akan merasa dirugikan karena harga antara yang dikenakan oleh supplier sudah disepakati sebelumnya. Meskipun tidak membutuhkan skill tertentu untuk menjalankan bisnis dropship, namun Anda tetap perlu memahami cara jualan online dropship yang benar. Anda perlu membaca beberapa tips untuk menentukan strategi yang tepat.

Di zaman modern seperti sekarang ini, menjalankan bisnis dropship memiliki peluang yang besar. Tersedia banyak sekali supplier yang bisa Anda pilih. Perhatikan perjanjian kerja sama sebelum memilih supplier. Pemasaran dengan sistem online saat ini memberikan Anda kemudahan untuk menjangkau pasar yang lebih besar dan bisa menjalankan bisnis dropship dengan lebih baik.

Apa yang dimaksud dengan dropship?

ara jualan online dropship

Dropship adalah metode bisnis yang dilakukan tanpa membutuhkan modal apapun. Bahkan Anda tidak perlu menyetok barang di gudang. Meskipun terlihat mudah, namun untuk menerapkan cara jualan online dropship Anda membutuhkan pengetahuan dan pengalaman agar bisa menjalankannya dengan baik. Berbagai hal bisa saja terjadi seperti keterlambatan pengiriman dan lain sebagainya.

Untuk itu Anda memerlukan  pengetahuan yang cukup agar bisa mengatasi segala kondisi buruk yang mungkin terjadi. Namun seiring berjalannya waktu Anda bisa mempelajarinya. Mungkin beberapa orang bingung antara konsep dropship dengan reseller. Perbedaannya adalah pada stok barang. Jika berperan sebagai reseller, Anda membutuhkan modal untuk mengambil sejumlah produk dan menyimpan stok barang.

Namun jika dropship, Anda tidak membutuhkan modal. Tanpa menyetok barang pun Anda sudah bisa menjalankan bisnis tersebut. Yang penting adalah Anda bisa mencari supplier yang terpercaya dan memiliki produk dengan kualitas terbaik. Untuk masalah pengambilan untung dalam harga, dropshipper bisa menjalankannya sesuai dengan strategi masing-masing. Sedangkan harga yang diberikan oleh supplier sesuai dengan perjanjian awal.

Alur kerja jualan online dropship

Secara garis besar, terdapat tiga pihak yang akan berperan penting dalam sistem kerja dropship yaitu supplier, dropship dan pelanggan. Supplier merupakan orang yang memiliki produk dan akan berperan sebagai sumber. Sedangkan dropshipper, adalah  orang yang menjalankan bisnis dropship. Pihak ini akan berperan sebagai penghubung. Pelanggan adalah orang yang membeli produk.

Untuk bisa menjalankan cara jualan online dropship dengan baik dan benar, Anda perlu mengetahui alur kerjanya terlebih dahulu. Awalnya dropshipper akan memasarkan produk yang dimiliki oleh supplier. Metode pemasaran bisa beragam, mulai dari cara offline maupun online. Jika sudah mendapatkan pelanggan, maka transaksi akan langsung dilakukan. Uang akan ditransfer terlebih dahulu kepada pihak dropshipper.

Kemudian pihak dropshipper mengirimkan detail alamat dan mentransfer sejumlah uang sesuai dengan harga yang telah disepakati sebelumnya. Pihak supplier akan mengirimkan produk ke alamat pelanggan atas nama dropshipper. Pihak supplier juga akan memberikan resi kepada dropshipper agar bisa mengawasi proses pengiriman produk apakah sudah sampai ke alamat pelanggan atau belum.

Bagaimana cara jualan online dropship

ara jualan online dropship

Untuk bisa menjalankan cara jualan online dropship, Anda membutuhkan beberapa strategi yang harus disusun terlebih dahulu agar bisa menyiapkan mental dengan baik. Hal ini akan mendukung Anda dalam menjalankan bisnis baru ini. Berikut beberapa konsep yang harus Anda perhatikan ketika menjalankan bisnis dropship.

Gunakan marketplace

Cara paling mudah untuk menjalankan bisnis dropship adalah melalui marketplace. Anda bisa menggunakan satu atau beberapa marketplace untuk bisa memperbesar peluang penjualan yang lebih besar. Meskipun terdapat beberapa aturan yang harus Anda patuhi, namun menggunakan marketplace bisa membantu Anda untuk mengembangkan bisnis dengan lebih efektif.

Gunakan teknik SEO

Untuk bisa menarik perhatian para calon pengguna, tentunya Anda harus menerapkan teknik SEO yang tepat. Gunakan bahasa atau kalimat yang sederhana namun mengandung arti yang cukup mendalam. Dengan begitu orang akan tertarik untuk membeli produk tersebut. Agar bisa menjalankan teknik SEO yang tepat, Anda bisa mempelajari melalui berbagai tutorial yang tersedia di internet.

Menjual produk secara offline

Selain melalui sistem online, Anda juga bisa memasarkannya secara offline. Sebelum memasarkannya secara online, Anda bisa menawarkan teman ataupun kerabat terlebih dahulu. Melalui cara tersebut Anda bisa melihat ketertarikan para calon pelanggan terhadap produk yang Anda pasarkan. Jika responnya positif, Anda bisa melanjutkan untuk mencapai pasar yang lebih besar lagi melalui sistem online.

Buat website sendiri sebagai kantor virtual

Pemasaran melalui sistem online memang lebih menguntungkan karena sangat mudah dilakukan dan bisa memberikan Anda kenyamanan. Untuk menyakinkan kualitas dari produk yang dipasarkan, Anda bisa membangun website sendiri yang mana sebagai sarana branding. Dengan begitu maka pelanggan bisa lebih percaya dan akan mencoba membeli produk yang ditawarkan.

Manfaatkan sosial media

Selain melalui marketplace, Anda bisa memasarkan produk melalui sosial media. Saat ini tentu semua orang bermain sosial media, bahkan banyak juga yang kecanduan. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk memperbesar target pasar. Gunakan kalimat yang menarik agar para pengguna sosial media mau membeli produk yang dipasarkan. Gunakan beberapa review untuk menyakinkan para pelanggan.

Tips cara jualan online dropship agar sukses

Bagi pemula menerapkan cara jualan online dropship memang tidak bisa dikatakan mudah. Anda perlu mendapatkan beberapa tips agar bisa menjalankannya dengan baik. Melalui masukkan informasi di bawah ini, Anda bisa menyiapkan diri untuk memulai bisnis yang menguntungkan. Untuk itu simaklah informasi berikut.

Pilih produk yang sesuai

Agar bisa menjalankan bisnis dropship dengan baik dan efektif, Anda perlu memilih produk yang sesuai dan memiliki pangsa pasar yang besar. Lakukan perbandingan atau survei terlebih dahulu agar bisa mendapatkan jenis produk yang tepat. Carilah sesuatu yang unik, karena kebanyakan orang di zaman sekarang ini sangat menyukai segala sesuatu konsep yang unik dan berbeda.

Tentukan supplier yang tepat

Carilah beberapa referensi supplier yang terpercaya dan handal. Anda bisa membandingkan beberapa supplier melalui layanan, harga dan juga kualitas produknya. Dengan begitu maka Anda bisa lebih mudah untuk mendapatkan supplier yang unggulan. Kinerja supplier juga akan mempengaruhi layanan Anda terhadap calon pelanggan sehingga harus memilih yang profesional dan handal.

Tentukan tempat jualan yang sesuai

Pastikan Anda menentukan tempat jualan yang tepat, apakah melakukan pemasaran melalui sistem offline terlebih dahulu ataupun langsung menjalankan sistem online. Anda juga harus menentukan dengan pasti, ingin memasarkan di sosial media atau marketplace. Setiap tempat jualan tentu akan membutuhkan strategi bisnis yang berbeda. Untuk itu pastikan Anda memahami pasar sebelum memilih tempat jualan.

Tentunya target pasar

Sebelum memasarkan produk, Anda juga perlu menentukan target pasar dan juga strategi yang akan digunakan. Melalui strategi tersebut, Anda bisa memiliki arahan yang jelas tentang bagaimana jalannya bisnis Anda kedepannya. Seiring berjalannya waktu, Anda juga perlu menganalisa perubahan pasar agar bisa menyesuaikan diri dengan baik. Dengan begitu Anda bisa memenuhi segala kebutuhan pelanggan dengan baik.

Tingkatkan kecepatan layanan

bagi setiap pelanggan, kecepatan layanan merupakan salah satu kenyamanan yang dicari. Jika Anda bisa memberikan layanan yang memuaskan, maka pelanggan pun akan nyaman dan merasa puas ketika membeli produk Anda. Ketika pertama kali, wajar jika Anda memiliki layanan yang standar. Namun seiring berjalan, Anda perlu terus meningkatkan kecepatan layanan agar bisa terus memuaskan pelanggan.

Susun strategi pemasaran yang tepat

Setiap orang tentu memiliki ide dan kecermatan masing-masing. Untuk itu tentunya ide pemasaran setiap orang tidak akan sama. Untuk bisa bertahan di tengah ketatnya persaingan pasar online, Anda perlu menghadirkan sesuatu yang berbeda. Dengan adanya hal tersebut, Anda bisa menonjol dan memperlihatkan kelebihan yang dimiliki. Hal ini tentu menjadi daya tarik yang berbeda dan membuat pelanggan percaya.

Pantang menyerah

Dalam menjalankan sebuah bisnis, Anda perlu sabar dan memiliki sikap pantang menyerah. Apapun kondisi buruk bisa saja terjadi sehingga Anda perlu menyiapkan mental agar bisa optimis. Bisa saja Anda belum mendapatkan banyak keuntungan dalam kurun waktu tertentu. Untuk itu Anda perlu sabar dan tetap menjalankan bisnis.

Sebuah proses tentunya tidak akan mengkhianati hasil. Sehingga jika Anda bekerja keras dan pantang menyerah, maka hasil yang akan Anda dapatkan juga bisa lebih baik. Kondisi ini bisa menjadi pengalaman bagi Anda untuk memperkuat mental dan memajukan bisnis yang dikelola.

Beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk menerapkan cara jualan online dropship

Sebagai pemula, Anda harus lebih berhati-hati dalam hal menjalankan bisnis. Untuk itu Anda perlu menjalankan bisnis dengan resiko yang paling rendah dan tidak membutuhkan modal yang banyak. Bisnis dropship memang yang paling cocok bagi pemula. Berikut akan dijabarkan beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk menerapkan cara jualan online dropship dengan baik.

Bandingkan harga yang ditawarkan

Untuk menentukan harga jual produk nantinya, Anda perlu memperhitungkan berapa harga yang diberikan oleh supplier. Untuk mendapatkan harga yang termurah, Anda bisa membandingkan beberapa supplier terlebih dahulu. Pilihlah supplier yang memberikan harga murah dan memiliki layanan yang lengkap. Jangan lupa untuk mengecek kualitas produk agar lebih yakin.

Tentukan produk yang akan dijual

Sebelum Anda menjalankan bisnis dropship, tentukan produk yang akan dijual terlebih dahulu. Anda bisa melakukan survei terlebih dahulu kira-kira produk apa yang banyak dibutuhkan oleh orang pada umumnya. Melalui hal ini Anda bisa langsung menentukan target pasar dan menentukan dimana nantinya produk tersebut akan dijual. Semakin banyak orang yang butuh maka akan semakin laris produk tersebut.

Carilah supplier yang terpercaya

Setelah menentukan jenis produk yang akan dijual, langkah selanjutnya adalah mencari supplier yang terpercaya. Anda harus mengetahui bagaimana kondisi dari produk yang dijual supplier dan bagaimana layanan yang nantinya akan diberikan. Pastikan Anda bisa memilih supplier yang berkualitas dan sudah terbukti terpercaya. Dengan begitu Anda juga bisa menghadirkan layanan yang bagus untuk pelanggan.

Kelebihan menjalankan bisnis jualan online sebagai dropship

Bisnis dropship banyak dipilih oleh kebanyakan orang karena memiliki banyak kelebihan. Beberapa kelebihan dari sistem jualan ini bisa memudahkan Anda untuk menjalankan bisnis dengan resiko yang lebih kecil. Sehingga meskipun tidak bisa menjalankan bisnis dengan baik, maka Anda tidak mengalami kerugian yang besar. Berikut beberapa kelebihan bisnis jualan online dengan sistem dropship.

Mudah dijalankan

Bisnis dropship sangat mudah dijalankan meskipun bagi para pemula. Konsep yang mudah dipelajari membuat pemula tidak akan kesulitan untuk menjalankanya. Siapapun bisa mencoba bisnis ini karena sistemnya sangat sederhana dan tidak memerlukan keahlian khusus untuk melakukannya. Anda hanya perlu mendapatkan supplier terbaik dan memasarkan produk secara online.

Sistem kerja fleksibel

Bisnis ini bisa dijalankan dengan fleksibel dan bisa menyesuaikan dengan waktu senggang yang Anda miliki. Anda bisa menjalankan bisnis dropship meskipun memiliki pekerjaan lain. Selain itu bisnis ini bisa Anda lakukan kapan saja dan dimana saja karena konsepnya berbasis online. Anda bisa mengaksesnya melalui perangkat apapun seperti ponsel maupun laptop. Yang dibutuhkan hanyalah koneksi internet yang stabil.

Modalnya kecil

Untuk menjalankan bisnis ini, Anda tidak perlu mengeluarkan modal sedikit pun. Namun yang harus Anda siapkan adalah rasa ingin belajar dan pantang menyerah. Bagi Anda yang masih pemula mungkin akan kesulitan untuk meraih target pasar. Namun seiring berjalannya waktu, Anda bisa belajar dan melatih diri agar bisa meraih pasar yang diinginkan. Untuk menjalankan bisnis ini Anda membutuhkan niat.

Resiko kecil

Bisnis ini cocok untuk para pemula karena memiliki resiko yang kecil. Sehingga meskipun Anda tidak berhasil menjalankannya, tidak akan ada kerugian yang perlu ditanggung. Justru proses bisnis bisa menjadi pengalaman yang berharga bagi Anda. Dari pengalaman tersebut, Anda bisa mempelajari pola bisnis dengan lebih baik. Hal tersebut bisa menambah pengetahuan Anda dan bisa mengasah kemampuan.

Biaya operasional lebih kecil

Bisnis dropship tidak memerlukan tempat khusus untuk menjalankannya. Anda bisa menggunakan perangkat yang sudah dimiliki seperti ponsel atau laptop. Selain itu Anda juga bisa menjalankan bisnis ini dari rumah. Dengan begitu maka biaya operasional bisnis ini tidak besar. Anda hanya perlu bermodal layanan internet saja untuk bisa memasarkan produk melalui sistem online.

Dengan memahami cara jualan online dropship secara detail, Anda bisa menjalankan bisnis dengan lebih baik. Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar jika bisa menjalankan bisnis ini dengan baik. Buatlah perjanjian dengan supplier agar Anda bisa mendapatkan harga yang murah. Selain itu pemilihan strategi yang tepat bisa membuat para pelanggan tertarik untuk menggunakan produk yang dipasarkan.

Jika Anda sudah memahami sistem kerja dari bisnis online yang satu ini dengan baik, maka Anda bisa lebih mudah untuk mengembangkan bisnis secara signifikan. Anda bisa mulai menjalankan bisnis yang lebih besar untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar pula. Saat ini berbisnis menjadi salah satu sumber pendapatan yang cukup menjanjikan dan bisa mengantarkan Anda pada kesuksesan.

cara mudah daftar gofood-11

Cara Mudah Daftar GoFood

Yoko Widito in Info Bisnis
  ·   2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *