Cara Berjualan di Instagram Untuk Pemula

2 min read

cara jualan di instagram-1

Cara Berjualan di Instagram Untuk Pemula – Kalau anda saat ini bertanya apakah susah berjualan di Instagram, maka anda bisa melihat sebuah fakta saat ini kalau Instagram sudah digunakan banyak orang untuk membuka online shop dan berjualan.

Perkembangan internet yang berkembang pesat saat ini memudahkan para penggunanya untuk dapat memaksimalkan potensi sosial media yang ada. Salah satunya adalah Instagram.

Tidak hanya sebagai sarana posting foto dan mencari teman, feed Instagram sangat sempurna untuk mengeruk pundi pundi rupiah dengan cara membuka online shop dan memulai berjualan.

Sebagai gambaran kamu bisa memulai sebagai seorang dropshipper atau reseller apabila mempunyai sedikit dana lebih untuk memulai bisnis online shop kamu di Instagram. Saat jualan mulai laris dan modal mulai terkumpul kamu bisa mulai upgrade online shopmu dan mulai menjadi seorang distributor atau malah mungkin seorang produsen yang memiliki dropshipper dan reseller untuk melariskan barang barangmu.

Namun walau terdengar mudah, cara berjualan di Instagram tidaklah semudah yang dibayangkan. Agak sedikit berbeda dengan toko fisik yang melakukan promosi fisik seperti memasang iklan dan gambar gambar promo ataupun meletakkan tanda diskon di deoan toko atau membuka lapak di tempat yang ramai orang. Online shop membutuhkan sedikit ketekunan untuk melakukan promosi di media sosial dan strategi yang tepat supaya pelanggan berminat untuk datang ke lapak jualanmu di Instagram.

Untuk kamu yang baru akan memulai berjualan online shop di Instagram, kami memberikan tips khusus untuk kamu berjualan di Instagram

1.Persiapkan akun khusus untuk berjualan

Affiliate-marketing-3

Kalau saat ini kamu menggunakan akun personal yang masih menggunakan nama kamu, maka sebaiknya sekarang membuat satu akun baru khusus untuk berjualan dan switch ke akun bisnis supaya mendatang kamu bisa menganalisa lebih dalam lagi mengenai engagement rate (yang akan kita bahas di artikel kita selanjutnya).

Jangan lupa untuk tidak membuat akun jualanmu menjadi akun private ya.

2.Carilah follower sebanyak banyaknya

Setelah akun instagram khusus untuk berjualan kamu sudah siap, maka langkah selanjutnya adalah meningkatkan jumlah follower. Hal paling mudah yang bisa kamu lakukan pertama kali adalah mencari akun yang memiliki produk sejenis dengan kamu dan mulai follow follower mereka untuk mendapatkan folback sehingga follower akun jualan kamu juga ikut naik.

Tapi berhati hatilah dengan membeli follower karena mempunyai dampak buruk yang bisa kamu baca di artikel kami yang lain yang berjudul Membeli Followers Instagram Adalah Sebuah Ide Buruk, Ini Alasannya

3.Upload foto secara berkala

cara jualan di instagram-2

Ini sudah pasti, karena kamu tidak mungkin berjualan kalau tidak ada barang yang kamu jual kan?

Akun Instagram kamu adalah sangat cocok untuk dijadikan showcase barang barang jualanmu, usahakan gambar yang di upload memiliki resolusi yang baik sehingga bisa tampil cukup baik di feed follower kamu.

Atau kamu bisa mengambil gambar sendiri barang barang yang akan kamu jual. Kalau tidak memiliki kamera yang bagus, kamu bisa mengambil gambar dengan kamera smartphone kamu di tempat yang cerah sehingga gambarnya akan bagus.

4.Poles foto

cara jualan di instagram-1

Foto bagus tidaklah cukup untuk membuat instagram jualan kamu menjadi menarik. Poles lagi foto kamu supaya lebih eye catching. Kalau kamu tidak ahli dalam menggunakan software seperti Photshop atau Corel, kamu tidak perlu khawatir. Ada beberapa software yang bisa kamu gunakan untuk edit foto online dengan mudah.

Baca jugaMembeli Followers Instagram Adalah Sebuah Ide Buruk, Ini Alasannya

Salah satu yang banyak digunakan adalah Canva yang bisa kamu download langsung dari smartphone kamu, atau bisa juga melalui www.canva.com melalui browser laptop kamu. Disini kamu bisa melakukan editing foto dengan sangat mudah seperti misalnya menambahkan kata kata menarik dalam foto. Atau menggunakan template yang sudah ada dan ganti dengan foto produk milik kamu.

Menarik bukan?

5.Diskon

Pada dasarnya pembeli sangat menyukai diskon. Sangat memungkinkan kok untuk kamu sedikit mengutak atik harga supaya menjadi diskon yang menarik. Apalagi kalau barang jualanmu lebih murah daripada kompetitor, ini akan menjadi nilai tambah tersendiri.

Nah langkah langkah yang sudah kami berikan diatas sangat bagus untuk kamu yang baru akan memulai bisnis online shop kamu di Instagram. Asalkan konsisten kamu bisa kok melakukan penjualan demi penjualan.

Selanjutnya kami akan memberikan sedikit pembelajaran mengenai strategi dasar berjualan di Instagram yang selanjutnya bisa kamu kembangkan sendiri sesuai dengan kreatifitasmu.

1.Lengkapi bagian bagian penting pada profil akun online shop kamu, seperti nomer kontak yang bisa dihubungi sekaligus nomer Whatsapp kamu, atau kalau ingin mengikuti perkembangan teknologi sosial media kamu bisa juga menambahkan ID Line ataupun Telegram supaya semakin mudah untuk dihubungi selain melalui DM (Direct Message) Instgram.

2.Gunakan foto profil yang benar benar berhubungan dengan barang jualanmu, atau bisa juga logo online shop kamu supaya brand image nya melekat di online shop yang kamu miliki sekarang ini. Tujuannya adalah building trust antara akun olshop kamu dengan pelanggan.

3.Kalau memiliki akun jualan di sosial media lainnya seperti Facebook atau Twitter kamu juga bisa melakukan posting sekaligus saat posting Instagram. Tujuannya tidak lain adalah menghemat waktu daripada memposting satu satu di masing masing akun sosial media online shop kamu.

4.Gunakan hashtag yang sesuai dengan barang jualan kamu dalam setiap posting. Seperti misalnya #jamtanganmurah #tasbranded #sepatuoriginal, tujuannya agar mempermudah pelanggan untuk menemukan barang yang kamu jual di Instagram.

0

One Reply to “Cara Berjualan di Instagram Untuk Pemula”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *