Affiliate marketing

2 min read

Affiliate-marketing

Affiliate marketing kebanyakan dipelajari oleh mereka yang baru saja mengenal internet marketing, karena memiliki proses  yang lebih mudah dibandingkan menjual produknya sendiri. Tapi bukan berarti yang sudah lama bergelut di dunia internet marketing tidak boleh mempelajari affiliate marketing.

Pada dasarnya affiliate markering ini adalah salah satu bentuk bisnis penjualan yang berbasiskan komisi. Saat anda berhasil melakukan penjualan maka saat itu anda mendapatkan uang. Kalau di dalam kehidupan sehari hari kita mengenal affiliate marketing ini dengan makelar. Dimana anda menawarkan suatu produk atau jasa dan mendapatkan komisi dari apa yang anda tawarkan.

Untuk bisa memulainya anda bisa mulai mendaftar ke Merchant supaya bisa mendapatkan ID. Merchant yang anda daftar ini bisa berupa individu atau sebuah perusahaan. Dari pendaftaran ini kemudian anda akan mendapatkan sebuah link affiliasi yang memuat link da ID affiliasi anda.

Sampai sini masih bingung? Mari sekarang kita perhatikan bagaimana cara kerja Affiliate Marketing

Affiliate-marketing

Tugas utama seorang affiliate marketing adalah membuat suatu website merchant menjadi banyak pengunjung melalui link affiliasi yang anda dapatkan saat mendaftar. Saat ada visitor yang masuk ke satu merchant dan melakukan transaksi maka anda akan diberikan komisi oleh merchant.

Saat ada seorang visitor yang masuk ke dalam sebuah merchant maka visitor itu akan mencatat melalui cookies dengan membaca ID anda dalam link affiliasi tadi. Cookie inilah yang kemudian memberitahu merchant kalau visitor tersebut berasal dari anda, sehingga merchant kemudian memberikan komisi kepada anda.

Cukup sederhana bukan cara kerja Affiliate Marketing ini, namun dalam pengerjaannya affiliate tetap membutuhkan kerja keras supaya mendatangkan hasil, karena pada dasarnya semua bisnis membutuhkan kerja keras bukan?

Saat ini sudah banyak orang yang mendapatkan banyak keuntungan dari affiliate marketing dan sudah seharusnya kita berterima kasih kepada Amazon, karena cikal bakal affiliate marketing ini berasal dari Jeff Bezos, pendiri Amazon.

Awal mulanya adalah saat Jeff Bezos bertemu dengan seorang perempuan yang ingin menjual buku di websitenya sendiri tapi melalui Amazon. Kemudian Jeff memberikan sebuah link kepada perempuan tersebut, supaya saat ia berhasil menjual buku tersebut ia bisa mendapatkan komisi. Kejadian inilah yang kemudian menjadi cikal bakal Jff membuat program Affiliate Marketing yang kemudian meledak hingga sekarang ini.

Lalu bagaimana dengan masa sekarang ini? Saat ini sudah cukup banyak merchant yang menawarkan program affiliate kepada para pengguna. Mulai dari yang besar seperti eBay, Walmart, Home Depot, atau yang local Tokopedia, Lazada hingga merchant kecil yang bisa jadi anda belum pernah mendengar namanya sebelumnya. Jadi sebagai affiliate marketing anda tidak akan pernah kehabisan produk apa yang akan anda promosikan.

Affiliate-marketing-1

Kalau anda sekarang ingin terjun ke bisnis affiliate marketing, ada kelebihan dan juga kekurangan yang harus anda ketahui sebelum anda terjun.

Kelebihan :

  1. Tidak perlu pusing membuat produk

Ini keunggulan yang paling penting anda sebagia seorang affiliate marketing, anda tidak perlu repot membuat produk dan menghemat sangat banyak biaya diawal. Anda tinggal memilih mana program affiliate yang cocok untuk anda jalankan dana tur bagaimana cara pemasarannya.

  1. Anda tidak perlu lagi membuat web penjualan

Karena tugas utama anda hanyalah mendatangkan pembeli ke situs yang sudah dibuat melalui link affiliasi yang anda miliki dan mendapatkan komisi dari penjualan. Anda bisa memanfaatkan sosial media, blog ataupun media lainnya untuk mendapatkan visitor.

  1. Tidak perlu pusing menjawab pertanyaan dan keluhan pembeli

Karena itu adalah tugas dan tanggung jawab merchant, sementara anda hanyalah perantara yang menghubungkan pembeli dan penjual melalui link afiliasi tersebut. Tugas anda hanyalah memasarkan saja, untuk urusan lain adalah tanggung jawab dan tugas merchant.

  1. Resiko relatif lebih kecil

Resiko apa sih yang bisa anda dapatkan sebagai seorang affiliate marketing? Paling banter hanyalah resiko kerugian waktu dan biaya internet saja. Sementara merchant yang menanggung resiko lebih besar.

Kekurangan :

  1. Income anda akan selalu bergantung pada pihak lain

Sebelum menjadi seorang affiliate marketing, anda diharuskan melakukan pendaftaran dan registrasi di merchant. Disini anda mau tidak mau harus mengikuti aturan main yang sudah ditetapkan oleh merchant, termasuk besaran komisi yang anda dapatkan. Biasanya berbeda antara satu merchant dengan merchant yang lain.

  1. Anda tidak akan mendapatkan aset berupa data pelanggan

Bagi seorang marketing, data pelanggan adalah yang paling berharga. Namun dalam affiliate marketing justru merchant lah yang akan memiliki data pelanggan tersebut.

  1. Bersaing dengan affiliate marketing lainnya.

Harap diketahui, bahwa anda bukan satu satunya affiliate marketing dan akan ada persaingan ketat antara sesame affiliate marketer karena mereka semua ini secara langsung menjual produk yang sama.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *