Info Bisnis

7 Tips Jadi Youtuber Sukses dari 0 Sampai Berhasil!

Tips jadi Youtuber Sukses – Youtube saat ini tidak hanya menjadi suatu platform untuk berbagi informasi dan hiburan namun juga ‘ladang’ penghasilan...

Written by Agung Sanjaya · 7 min read >
tips jadi youtuber

Tips jadi Youtuber Sukses – Youtube saat ini tidak hanya menjadi suatu platform untuk berbagi informasi dan hiburan namun juga ‘ladang’ penghasilan sebagai youtuber. Tips jadi youtuber sukses bermunculan karena memang di era modern seperti saat ini, penghasilan dari Youtube sangat menjanjikan. Tidak tanggung-tanggung, penghasilan mencapai 1 milyar bisa diperoleh.

Namun, untuk menjadi seorang Youtuber yang dikatakan sukses tidak semudah yang dituliskan atau diutarakan di berbagai tutorial. Perlu trik tersendiri dan juga konstan dalam pembuatan konten yang akan diunggah di Youtube. Untuk tahu lebih lanjutnya, simak penjelasan berikut ini.

Apa itu Youtube?

Banyak orang yang mengatakan “cari di Youtube!”, “ada kok di Youtube” ataupun yang lainnya, namun tidak sedikit yang kurang tahu apa itu Youtube. Youtube sendiri merupakan suatu media sosial dari Google yang dipergunakan sebagai wadah untuk mengunggah video yang dapat diakses oleh siapa saja.

Platform ini didirikan pertama kali pada Februari 2015 oleh mantan karyawan dari PayPal yaitu Chad Hurley, Jawed Karim dan Steven Chen yang kemudian diakuisisi oleh Google hingga sebesar saat ini. Bahkan Youtube menjadi platform atau website untuk berbagi video yang terbesar di dunia dan menguasai 43% pangsa pasar.

Sebelum Anda menjadi Youtuber maka Anda harus tahu terlebih dahulu karakteristiknya. Sehingga, Anda akan dapat menemukan tips jadi Youtuber sukses yang pas atau cocok dengan kanal channel milik Anda. Karakteristik tersebut diantaranya yaitu:

  1. Tidak adanya batasan waktu serta jumlah data untuk upload video ke Youtube.
  2. Adanya batasan jenis konten dari Youtube misalnya bukan jenis konten ilegal dan mengandung sara.
  3. Adanya fasilitas berbayar dengan video yang mempunyai penonton atau viewer minimal 1000. Sehingga Anda akan mendapatkan bayaran atau honor dari video tersebut.
  4. Adanya fitur offline.
  5. User atau pemilik akun bisa mengedit video secara langsung di youtube dengan menggunakan alat editing sederhana seperti menambahkan efek transisi dan filter warna.

 

Selain menjadi media untuk hiburan dan berbagi informasi umum misalnya seputar kesehatan, Youtube juga memiliki manfaat seperti berikut:

  1. Mengetahui respons masyarakat dengan adanya fasilitas like dan komentar sehingga Anda dapat menilai kualitas dari video dan konten yang Anda unggah.
  2. Mengasah seseorang untuk membuat video.
  3. Memperkuat suatu branding ataupun organisasi atau kelompok tertentu.
  4. Memperkenalkan suatu produk terbaru.

 

Dasar Utama dari Tips Jadi Youtuber Sukses

Ada banyak tips jadi Youtuber sukses namun, tanpa hal ini, Anda tidak akan bisa menjadi Youtuber. Hal penting tersebut adalah pembuatan akun. Anda butuh akun Youtube agar nantinya video yang sudah Anda edit bisa Anda unggah di akun Anda sehingga bisa ditonton oleh banyak orang.

  1. Jika Anda sudah memiliki akun gmail, Anda tinggal masuk ke website Youtube. Tahapan selanjutnya untuk membuat channel Youtube yaitu:
  2. Setelah Anda sign in, Anda klik kanan di bagian ikon profil lalu pilih pengaturan atau setting.
  3. Setelah itu klik bagian create new channel.
  4. Ketikkan nama channel Youtube Anda dan pastikan nama dari channel sesuai dengan konten yang akan Anda buat karena akan berpengaruh pada ketertarikan pengunjung Youtube ke channel Anda.
  5. Setelah itu, klik create channel.
  6. Untuk mempercantik tampilan dari kanal Youtube Anda, maka Anda bisa melakukan pengaturan dengan melakukan klik di bagian customize channel.
  7. Jangan lupa untuk menambahkan foto profil Anda dan banner Youtube. Jika sudah selesai, Anda juga harus menuliskan deskripsi, mengenai apakah channel Youtube Anda tersebut dan email atau kontak Anda. Sehingga jika ada pihak yang ingin berkolaborasi dengan Anda, pihak tersebut akan lebih mudah menghubungi Anda.

 

7 Trik dan Tips Jadi Youtuber Sukses

Untuk menjadi seorang Youtuber yang sukses, tidak bisa dilakukan hanya dengan 1-2 unggahan video dan dalam jangka waktu yang singkat. Ada trik jadi Youtuber sukses yang membantu Youtuber tersebut terkenal dan memiliki subscriber yang banyak.

Ada 7 trik yang akan membantu Anda mulai dari 0 hingga sukses dan meraih pundi-pundi uang dari video yang Anda unggah. Trik tersebut yaitu:

Tentukan Konsep dan Ide

Untuk membedakan dari channel yang satu dengan channel yang lain adalah konsep dan konten apa yang akan Anda unggah. Mungkin akan banyak jenis konten yang sama dengan kanal yang lainnya, namun, pastikan jika Anda menawarkan sesuatu yang berbeda dari yang lainnya.

Konten dan ide yang akan Anda realisasikan dalam video yang nantinya akan Anda unggah tersebut juga harus Anda perhitungkan mengenai manfaatnya. Jika tidak maka channel Youtube Anda tidak akan bisa bertahan lama. Bahkan mungkin hanya 1-2 kali, pengunjung Youtube enggan untuk menonton video milik Anda.

Tentukan Alatnya

Untuk membuat video dan kemudian diedit dan diunggah ke Youtube maka Anda perlu perlengkapan yang pas. Tips jadi Youtuber sukses ini terbilang sederhana namun sangat mempengaruhi kualitas dari video yang Anda unggah.

Perlu perlengkapan yang komplit untuk hasil yang maksimal misalnya lighting, kamera, laptop bahkan alat perekam harus Anda persiapkan. Namun, jika menuruti perlengkapan tersebut, butuh dana yang besar dan tentunya akan sangat memberatkan bagi Anda yang hanya memiliki dana yang terbatas. Karena hal tersebut, sesuaikan perlengkapan dengan kondisi keuangan Anda.

Misalnya Anda hanya mampu mengambil gambar dengan kamera smartphone, Anda bisa memanfaatkan itu. Untuk penunjangnya, bisa ditambah dengan monopod atau tripod yang akan memudahkan Anda untuk mengambil video.

Untuk editing, Anda sebaiknya menggunakan komputer baik PC ataupun laptop. Jikapun Ada tidak memiliki komputer, pastikan smartphone Anda memiliki spesifikasi yang mumpuni agar dapat dipergunakan untuk mengedit video.

Buat Konten

Jika Anda sudah ada patokan mengenai tema dari konten, maka Anda bisa langsung mengeksekusi konten atau rencana video Anda. Jika Anda bekerja sendiri, maka pastikan saat produksi video tersebut, Anda tidak kerepotan saat melakukannya.

Sedangkan jika Anda bekerja secara tim, pastikan jika semua orang yang terlibat dalam produksi video tersebut, tahu maksud dan keinginan video tersebut akan dibuat seperti apa. Jika mengerti, masing-masing orang akan tahu mengenai apa yang harus dilakukan untuk membuat video menjadi bagus, misalnya angle pengambilan gambarnya.

Meningkatkan Skill

Tips jadi Youtuber sukses yang kadang kerap terlewat adalah skill yang mumpuni. Ada banyak faktor mengapa video yang diunggah tersebut menjadi terlihat menari. Selain dari editing video, faktor pengambilan gambar, pembawaan agar orang tertarik untuk terus melihat juga sangat berpengaruh.

Karena hal tersebut, seiring dengan berjalannya waktu, Anda tidak hanya harus meningkatkan kemampuan untuk mengedit video namun juga kemampuan yang lain. Misalnya untuk cara pembawaannya, terutama untuk Anda yang mengambil video sendiri karena Anda tidak memiliki tim.

Adsense

Salah satu tujuan sebagian besar orang saat ini membuat kanal Youtube adalah untuk mendapatkan uang. Namun, untuk memperoleh penghasilan dari Youtube tidak semudah itu karena regulasi yang diterapkan Youtube sudah berubah.

Untuk memperoleh uang dari youtube Anda harus melakukan sponsorship dari pihak luar. Karena hal tersebut, saat ini banyak yang menggunakan adsense dengan adanya YPP atau Youtube Partner Program. Caranya yaitu:

Buat video yang banyak disukai orang, misalnya yang sedang viral.

Optimasi video yang ada di Youtube Anda dengan ketentuan seperti video harus orisinil, thumbnail dan judul yang menarik, perhatikan deskripsi, hindari konten yang mengandung hak cipta dan pastikan video sesuai dengan term of service dan community guidelines Youtube.

  1. Affiliate marketing.
  2. Bekerja sama dengan sponsor.
  3. Konten hasil pemikiran yang kreatif atau out of the box.
  4. Kolaborasi dan Sosialisasi dengan Sesama Content Creator

Anda akan kesulitan jika terus membuat konten seorang diri. Akan ada rasa jenuh bahkan penonton juga terkadang bosan hanya melihat Anda terus. Karena hal tersebut, Anda butuh bersosialisasi dan berkolaborasi dengan para kreator.

Tips jadi Youtuber sukses ini tidak hanya akan membuat para viewers Anda tetap setia menonton video yang Anda buat namun juga membuat nama Anda semakin dikenal. Misalnya tidak hanya dikalangan para creator namun juga di kalangan para viewers dan subscriber dari creator yang Anda ajak kerjasama.

Jangan Menyerah dan Terus Belajar

Terdengar klise namun memang tidak ada hal yang berhasil dengan baik dan dalam jangka waktu yang lama tanpa adanya usaha dan sikap tidak menyerah. Akan ada waktu dimana penonton video Anda menurun bahkan unsubscribe karena bosan atau merasa channel Anda tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Karena hal tersebut, maka Anda harus bersiap jika ada hal yang tidak sesuai dengan ekspektasi Anda. Coba cara lain atau Anda bahkan bisa mencoba video lain yang sesuai dengan passion Anda sehingga Anda tidak hanya dapat memberikan manfaat ke orang lain namun juga anda akan merasa senang karena melakukan hal yang sesuai dengan keinginan Anda.

 

Tips jadi Youtuber Sukses: Bagaimana Cara Menentukan Topik Video?

Agar youtube Anda tetap dikunjungi banyak penonton, maka Anda harus memiliki video yang menarik. Namun, membuat video yang menarik tidak semudah itu. Perlu trik dan cara khusus yang harus dilakukan.

Jika Anda menyukai suatu video yang tidak ingin disamai dengan orang lain atau sesuai dengan pribadi dan ide yang sudah diciptakan, maka Anda bisa membuat topik konten yang sesuai dengan keinginan Anda.

Namun, jika kanal Anda untuk vlog mengenai sesuatu yang baru, Anda bisa memilih berita yang viral atau terkenal saat itu kemudian menjadikannya sebagai kunci untuk pembuatan video.

 

Tips jadi Youtuber Sukses: Bagaimana Riset Keyword Video

Jika video sudah bagus, editing sudah keren dan pas, maka Anda juga harus menentukan deskripsi dan judul agar video Anda banyak ditonton. Dalam salah satu tips jadi Youtuber sukses ini, Anda harus tahu cara untuk melakukan riset keyword.

Untuk riset keyword yang bisa Anda lakukan ada 2 cara yaitu dengan cara manual dan menggunakan aplikasi. Jika Anda hendak menggunakan aplikasi, ada beberapa yang bisa Anda manfaatkan, yaitu:

  1. VidiQ
  2. Google Trends
  3. Keywordtool.io
  4. Keywords Everywhere
  5. SEMrush

Sedangkan jika Anda menggunakan cara manual, anda bisa menggunakan fitur auto correction yang berada di bagian kolom pencarian Youtube. Misalnya Anda hanya perlu memasukkan kata-kata seperti “cara untuk” dan nantinya akan muncul beberapa pilihan kata atau lanjutan yang sesuai dengan kata yang Anda masukkan di bagian kolom pencarian tersebut.

 

Tips jadi Youtuber Sukses: List Youtuber Paling Terkenal di Dunia

Kesuksesan dalam bermain dan mengaplikasikan tips jadi Youtuber sukses dibuktikan oleh para Youtuber berikut ini:

–  PewDiePie

Saat ini, PewDIePie menjadi youtuber paling sukses sedunia. Pria yang bernama asli Felix Kjellberg yang berasal dari Swedia ini memiliki julukan raja Youtube karena kerap kali berada di posisi teratas para Youtuber dengan penghasilan tertinggi.

PewDiePie memiliki subscriber lebih dari 100 juta dan konten yang dia buat adalah sekitar gaming serta meme yang menghantarkannya memiliki pendapatan kurang lebih 112 milyar rupiah perbulannya.

–  Dude Perfect

Channel yang dimiliki Dude Perfect ini berisi konten mengenai lifehack yang unik. Dengan subscriber yang lebih dari 45 juta ini menghantarkan kanal ini memiliki penghasilan hingga 48 milyar per bulannya.

–  VanossGamming

Sesuai dengan nama kanalnya, video yang diunggah di akun ini memiliki konten seputar game atau permainan. Game yang umumnya dimainkan adalah first person shooter call of duty online dan dari channel-nya ini, ia mampu memiliki penghasilan lebih dari 36 milyar rupiah per bulannya.

– DanTDM

Lagi-lagi, youtuber yang masuk ke dalam list youtuber yang sukses adalah seorang gamer. Daniel Middleton memiliki kanal Youtube yang disebut dengan DanTDM yang isi videonya adalah seputar game Minecraft dan Fortnite. Dari kontennya ini, ia mampu meraih penghasilan hingga 36 milyar per bulannya.

–  Atta Halilintar

Tidak dapat dipungkiri jika Atta Halilintar menjadi salah satu youtuber paling sukses di Indonesia. Ia bahkan menempati urutan pertama dari Youtuber yang mempunyai subscriber paling banyak se-Asia Tenggara dengan lebih dari 12 juta subscriber.

Ada beragam konten yang dihadirkan di kanal Youtube Atta namun yang paling banyak dicari adalah konten mengenai social prank ataupun kunjungan ke rumah artis. Dari konten yang dibuat tersebut, Atta bisa mendapatkan penghasilan hingga 10,1 milyar per bulannya.

–  Rans Entertainment

Di Indonesia keluarga milik Raffi Ahmad-Nagita Slavina adalah keluarga yang paling dikenal. Pasangan ini tidak hanya sukses sebagai artis namun juga pengusaha terlebih setelah memiliki anak yang bernama Rafatar.

Lewat channel Youtube-nya, Rans Entertainment, menyuguhkan vlog mengenai kegiatan kesehariannya termasuk aktivitas bersama Rafatar. Tidak jarang, kedua artis ini juga berkolaborasi dengan artis lainnya yang juga memiliki channel youtube. Dari kesuksesannya tersebut, Rans Entertainment bisa memperoleh penghasilan per bulan hingga 7 milyar.

–  Zara Nugroho

Zara termasuk salah satu Youtuber cilik yang sukses dan sudah memperoleh penghasilan hingga 4 miliar per bulannya dari akun kanal Youtube yang disebut dengan Zara Cute. Dengan pembawaannya yang ceria, lucu dan juga menggemaskan khas anak kecil, Zara berhasil menarik perhatian dari pengguna Youtube untuk mampir dan menonton videonya.

Itulah trik jadi Youtuber sukses yang akan membantu Anda dari 0 sehingga konten yang Anda buat tidak hanya memberikan keuntungan untuk Anda sendiri namun juga orang lain. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk Anda dan selamat mencoba!

cara mudah daftar gofood-11

Cara Mudah Daftar GoFood

Yoko Widito in Info Bisnis
  ·   2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *