Info Bisnis

12 Cara Meningkatkan Engagement Rate Instagram

Pamor instagram yang kian menanjak membuat para marketer di seluruh dunia mulai memberikan perhatian lebih ke Instagram. Fakta menarik mengenai pertumbuhan follower...

Written by Yoko Widito · 4 min read >
cara meningkatkan engagement rate di instagram

Pamor instagram yang kian menanjak membuat para marketer di seluruh dunia mulai memberikan perhatian lebih ke Instagram. Fakta menarik mengenai pertumbuhan follower Instagram yang luar biasa menjadi hal yang sangat menarik, ini dikarenakan Instagram saat ini memiliki angka engagement tertinggi apabila dibandingkan dengan media sosial lainnya, membuat Instagram menjadi sangat menarik di kalangan marketer untuk meningkatkan angka penjualan produk.

Namun tidak semudah itu untuk mendapatkann perhatian dari audience mengenai apa yang anda jual di dalam Instagram anda. Instagram memiliki alogaritma yang harus anda pahami supaya dapat meningkatkan engagement rate di Instagram anda.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan engagement rate Instagram dan mengembangkan potensi dari akun intagram anda. Pada dasarnya jika anda terlibat dengan baik di dalam setiap post Instagram anda, maka Instagram akan mencoba untuk menampilkan post anda ke lebih banyak audience. Bisa saja Instagram menempatkan post anda ke halaman jelajah, atau memilih post anda untuk berada di entri teratas pada halaman hashtag dan lokasi mereka.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut mari kita mempelajari bagaimana cara meningkatkan engagemet rate anda secara organik.

1.Posting konten original dan berkualitas

posting-konten-original-berkualitas

Sampai dengan hari ini saya yakin sudah cukup banyak cara dan teknik mengenai meningkatkan engagement rate Instagram, namun kalau saat ini anda tidak memiliki konten yang berkualitas maka semua yang anda baca itu akan menjadi sia sia belaka.

Ada satu hal yang harus anda mengerti dalam pengelolaan konten Instagram, anda hanya memiliki waktu beberapa detik saja untuk membuat orang berhenti scroll saat audience sedang membuka Instagram dan membuat mereka mengatakan “Apa sih ini”.

Selain berkualitas hal yang tidak kalah pentingnya adalah original, semakin original konten Instagram anda maka akan semakin banyak audience yang tertarik untuk terlibat di dalamnya baik itu memberikan like atau komentar, dan poin paling menarik selanjutnya audience akan menanti apa yang akan anda posting selanjutya.

2.Berikan alasan kuat kepada audience untuk terus mengikuti akun anda

Secara langsung audience sebenarnya membutuhkan alasan kuat untuk terus mengikuti akun Instagram anda, mereka tidak akan begitu saja mengikuti akun Instagram yang mereka tidak sukai atau butuhkan. Jadi yang harus anda lakukan sekarang ini adalah menjadi yang audience inginkan.

Foto menghibur dan juga berguna akan memberikan audience untuk terue mengikuti anda dan membuat mereka terlibat di dalam nya. Pertanyaan paling sederhana, kenapa mereka seperti itu? Karena mereka terhibur dan suka dengan konten akun Instagram anda.

3.Caption menarik

12 Cara Meningkatkan Engagement Rate Instagram

Caption yang anda buat akan memberikan efek yang sangat kuat di dalam interaksi Instagram anda, tapi bukan berarti anda bisa membuat sebuah esai dalam postingan anda tanpa harus mengesampingkan fokus pada gambar.

Ada beberapa poin penting dalam menyusun sebuah caption yang menarik dalam posting Instagram anda. Diantaranya adalah letakkan poin penting caption anda di awal caption, kenali audiencemu dan yang ketiga identifikasi merk atau brand kamu dalam post Instagram. Anda juga bisa sesekali mengajukan pertanyaan dalam caption anda, sesuatu hal yang sederhana namun dapat meningkatkan interaksi di dalam post Instagram kamu.

4.Jangan lupa gunakan hashtag yang tepat

12 Cara Meningkatkan Engagement Rate Instagram

Harus anda ketahui, kalau hashtag ini adalah langkah pertama untuk membuat audience dating ke dalam post Instagram anda. Kalau dijabarkan lebih lanjut lagi hashtag ini adalah cara orang untuk menemukan akun anda, cara anda untuk bisa menjadi bagian dari sebuah komunitas dan bagaimana Instagram akan mengklasifikasikan post anda ke dalam kategori kategiri tertentu yang bisa meningkatkan peluang orang menjadi tertarik dengan post anda.

Gunakan hashtag dengan benar dan hindari menggunakan hashtag secara acak, usahakan hashtag yang digunakan sesuai dengan post yang anda tulis. Maksimalkan penggunaan 30 hashtag Instagram untuk meningkatkan peluang post anda dilihat lebih banyak orang tanpa anda melakukan spamming.

5.Tambahkan lokasi di foto

12 Cara Meningkatkan Engagement Rate Instagram

Anda juga bisa menandai dimana lokasi foto atau video yang anda jadikan post di Instagram. Dengan menandai lokasi yang ada di foto maka secara otomatis post anda akan masuk ke dalam feed atau grid dalam sebuah lokasi tertentu. Dengan begini secara tidak langsung anda meningkatkan peluang orang untuk menemukan post anda.

6.Posting tepat di hari dan jam dimana follower anda aktif

Kebanyakan orang bertanya kepada saya, kapan saatnya melakukan posting dengan efektif? Jawabannya adalah posting disaat follower anda paling aktif, karena di saat itulah anda akan mendapatkan engagement rate yang cukup baik.

Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi seperti salah satunya adalah Preview untuk bisa mendapatkan beberapa data penting seperti kapan waktu terbaik anda untuk posting dan berinteraksi, dan juga kapan hari terbaik anda untuk posting dan berinteraksi.

Informasi ini akan sangat berguna untuk mengembangkan akun Instagram anda terutama jika anda memiliki pengumuman untuk para follower anda. Anda bisa mengirimkan pada waktu terbaik dan hari terbaik.

7.Lakukan analisa

Anda bisa melakukan analisa dan klasifikasi jenis postingan berdasarkan jumlah engagement rate. Mengapa ini penting? Karena hasil dari analisa ini akan memberikan kepada anda data mengenai interaksi dan pertumbukan dalam akun Instagram anda.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi Preview seperti pada poin sebelumnya untuk dapat menganalisa dari konten konten yang sudah anda buat.

  • Apa saja yang ada di dalam foto
  • Apa warna yang ada di foto
  • Apa saja yang anda tulis di caption
  • Hashtag apa saja yang anda gunakan

Kalau anda sudah mendapatkan data yang cukup, anda bisa terus melakukan hal hal yang disukai oleh follower anda untuk dapat terus mengembangkan akun anda.

8.Posting dalam pola

Disini yang harus dipahami adalah, tidak semua posting anda bisa mendapatkan interaksi sesuai yang anda inginkan namun ini bukan alasan untuk anda berhenti berkreativitas dengan posting yang anda lakukan setiap harinya.

Namun disini kalau anda bisa membuat pola posting anda dari data yang anda dapatkan dari poin poin sebelumnya maka anda bisa sedikit lebih bersantai karena anda sudah memiliki data yang kemudian anda olah menjadi sebuah pola posting.

Sebagai contoh anda bisa membuat pola posting anda seperti misalnya seperti ini. Dari data yang anda miliki dari poin sebelumnya, postingan teratas diposting seminggu sekali, dua kali seminggu atau tiga kali seminggu.

Rencanakan pola posting anda untuk mendapatkan hasil terbaik

9.Posting secara konsisten

Poin ini adalah salah satu poin terpenting, mengapa?

Karena akan sangat percuma anda melakukan poin 1 sampai 8 kalau anda tidak konsisten dalam melakukan posting, ini alasannya

Instagram akan memberikan penghargaan kepada pengguna mereka yang konsisten

Follower anda akan selalu melihat anda di feed, jadi kalau anda tidak konsisten maka posting anda tidak akan muncul secara konsisten di feed para follower anda.

Konsistensi adalah kunci di Instagram.

10.Berikan giveaway

12 cara meningkatkan engagement rate instagram

Ini adalah salah satu cara yang paling populer yang banyak dilakukan untuk dapat meningkatkan engagement rate. Bisa jadi dampak yang anda rasakan dari giveaway ini hanyalah sesaat, tapi dalam event giveaway ini anda akan bertemu dengan orang orang baru yang kemudian akan menjadi follower anda.

Dalam melakukan event ini anda bisa melakukannya sendiri atau berkolaborasi dengan instagrammers lainnya.

11.Manfaatkan instastory

Ini adalah salah satu sarana yang cukup bagus untuk meningkatkan engagement rate Instagram anda. Dari instastory ini anda bisa memberikan sedikit isyarat kepada follower kalau anda saat ini mempunyai posting terbaru.

Dari instastory ini ini memberikan sebuah cara kepada sebuah brand untuk melakukan posting lebih banyak tanpa flooding di feed orang lain. Anda harus ingat satu hal, posting secara konsisten itu sangat penting, tapi bukan berarti anda juga melakukan posting terus menerus (flooding) di akun Instagram anda karena dapat berakibat orang akan mengunfollow anda. Dan ini buruk untuk engagement rate.

Melalui instastory inilah anda bisa melakukan interaksi jauh lebih banyak dengan follower anda.

12.Bersosialisasi

Kalau anda sekarang masih berfokus untuk menambah follower maka di poin terakhir ini anda harus merubah sedikit mainset anda. Karena pada dasarnya media sosial adalah media untuk bersosialisasi. Sama seperti dalam kehidupan nyata, kalau anda tidak pernah berbicara kepada orang lain maka tidak aka nada yang akan berbicara kepada anda.

Jangan biarkan komentar yang datang di posting anda dibiarkan begitu saja, sambut mereka dan lakukan dengan interaksi untuk membuat interaksi yang lain. Tidak hanya kepada follower anda saja tapi kepada orang orang yang belum menjadi follower anda.

Baca jugaMengenal Engagement Rate di Instagram

Bersenang senanglah dalam Instagram anda, jangan terlalu memikirkan hasil. Tetap berhubungan dengan para follower anda, dan dengan begitu anda akan sering muncul di feed jika anda banyak melakukan interaksi dalam postingan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *