Hubungan

Toxic Adalah Apa? Di Sini Jawabannya

Tahukan kamu, toxic adalah apa? Toxic biasa digunakan untuk menyebut sifat seseorang yang suka merugikan orang lain. Yuk, simak penjelasannya. Toxic Adalah...

Written by Rachmad · 1 min read >
apa itu toxic

Tahukan kamu, toxic adalah apa? Toxic biasa digunakan untuk menyebut sifat seseorang yang suka merugikan orang lain. Yuk, simak penjelasannya.

Toxic Adalah Salah Satu Sifat Buruk yang Merugikan

Toxic atau racun merupakan sebutan untuk seseorang yang membawa pengaruh buruk bagi orang lain (toxic people). Seseorang akan dianggap sebagai toxic people jika suka menebarkan berbagai hal negatif di lingkungan sekitar. Jika kamu berada di lingkungan toxic ini, kamu bisa dibuat kesusahan baik secara fisik maupun mental.

Ciri-ciri Toxic People

Agar kita terhindar dari hal yang tidak menyenangkan, sebaiknya kita perlu mengetahui ciri-ciri toxic people.

1. Hanya Ingin Senangnya Saja

Toxic people akan selalu mencarimu jika ada masalah, tetapi menghilang saat kamu membutuhkan. Kalaupun pernah membantu kamu, maka mereka akan terus mengungkitnya.

2. Tidak Punya Empati dan Simpati

Toxic people tidak akan sepenuh hati memahami dan mengerti kamu. Jangan harap mereka akan mendukungmu atau menghiburmu ketika kamu tertimpa masalah. Mereka malah cenderung akan menyalahkanmu.

3. Pintar Memanipulasi Orang lain

Salah satu ciri toxic people lainnya yaitu mereka pintar memanipulasi orang lain untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Mereka suka bersandiwara demi mendapatkan perhatian.

4. Tidak Mau Minta Maaf dan Mengakui Kesalahan

Walaupun terbukti bersalah, toxic people akan sulit minta maaf. Mereka akan menggunakan berbagai alasan dan malah menuduh orang lain. Bahkan mereka dengan senang hati seolah-olah menjadi korban, sehingga dapat dengan mudah melemparkan kesalahannya.

5. Suka Merendahkan dan Meremehkan

Toxic people tidak akan pernah menerima keberhasilan yang telah kamu capai. Biasanya mereka akan nyinyir sehingga bisa membuat kamu sangat kesal. Mereka akan menilai buruk dan membandingkan pencapaian kamu dengan orang lain atau bahkan dirinya sendiri. Mereka berusaha menjatuhkanmu dengan memandang rendah dirimu.

Tips Menghadapi Toxic People

Berikut ini adalah tips menghadapi toxic people yang akan membuatmu terhindar dari hal-hal negatif.

1. Jangan Sampai Terbawa ‘Permainan’ Mereka

Agar tidak terbawa dalam permainan ini, utarakan sanggahan kamu secara baik-baik meskipun toxic people tidak bisa menerimanya. Hal ini lebih baik sehingga mereka akan berpikir dua kali jika ingin mengusikmu.

2. Berani Bilang Tidak

Kamu harus tetap teguh mengatakan tidak pada toxic people. Perlahan mereka akan menyadari bahwa kamu tidak ingin diusik oleh perilaku mereka.

3. Batasi Komunikasi

Toxic people seperti tidak pernah lelah menimbulkan masalah untuk orang lain. Sebaiknya kamu membatasi komunikasi dan tidak terlalu dekat dengan mereka agar hidupmu lebih tenang.

4. Membuat Batasan

Kamu bisa menetapkan batasan diri sendiri tentang apa yang kamu anggap bisa diterima dan tidak. Mungkin kamu merasa tidak masalah mendengar keluh kesah orang lain, tetapi kamu harus bisa bertindak ketika kamu ditindas.

5. Berbicara dari Hati ke Hati

Kamu mungkin sering bersama teman atau kerabat yang memiliki perilaku toksik. Tidak ada salahnya kamu mencoba untuk berbicara dari hati ke hati. Siapa tahu mereka dapat memperbaiki sikap sehingga dapat menjalin hubungan yang sehat.

6. Menjauhi Toxic People

Kamu memiliki hak untuk berhubungan dengan orang lain secara sehat dan bermakna. Jika orang dekatmu yang berperilaku toxic juga kunjung berubah, lebih baik kamu menghindar atau menjauh dari mereka.

Nah, itulah penjelasan mengenai toxic adalah sifat racun atau hubungan beracun yang sangat merugikan. Jika kamu terjebak dalam lingkungan toxic, semoga tips di atas dapat membantumu. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *