Hubungan

Solusi Jitu Atasi Persaingan di Dunia Kerja, Bagaimana Menyikapi Orang yang Menganggap Diri Kita Saingan

Dalam kehidupan bersosialisasi memang tak lepas dari berbagai konflik, terutama adanya persaingan antar teman atau rekan kerja yang bahkan bisa merusak hubungan...

Written by Irfan · 3 min read >
Solusi Jitu Atasi Persaingan di Dunia Kerja

Dalam kehidupan bersosialisasi memang tak lepas dari berbagai konflik, terutama adanya persaingan antar teman atau rekan kerja yang bahkan bisa merusak hubungan pertemanan itu sendiri. Oleh karena itu, artikel kali ini akan membahas beberapa tips bagaimana menyikapi orang yang menganggap diri kita saingan, serta bagaimana menciptakan persaingan yang sehat. Harapannya, kita dapat bersikap secara tepat tanpa menyakiti siapapun dan tetap memiliki hubungan pertemanan yang baik dengan rekan kerja.

Tips Bagaimana Menyikapi Orang Yang Menganggap Diri Kita Saingan

Kita tidak dapat mengontrol orang lain untuk terus bersikap baik pada kita, namun kita memiliki pilihan untuk bersikap baik pada orang lain, meski mungkin sikap orang lain kurang menyenangkan atau menganggap kita sebagai saingan.

Terkadang tanpa sadar, mungkin kita pulalah yang memantik api kecemburuan tersebut, seperti suka membanggakan diri, menyebut-nyebut hal yang dimiliki dan tidak dimiliki orang lain, menceritakan kedekatan dengan atasan, dan lain sebagainya. Umumnya rasa cemburu hadir karena adanya perbedaan status sosial, seperti perbedaan kedudukan atau jabatan, kondisi keluarga, prestasi, pendapatan, dan lain sebagainya.

Berikut akan dijelaskan beberapa cara yang dapat diterapkan untuk menyikapi teman atau rekan kerja yang menganggap diri kita sebagai saingannya :

Tetap Bersikap Ramah dan Sopan

Dalam menghadapi rekan kerja yang selalu merasa tersaingi denganmu haruslah dengan kepala dingin. Sebaiknya tetaplah bersikap ramah dan sopan, terlebih lagi jika orang tersebut memiliki pengalaman lebih lama di perusahaan tersebut atau berusia lebih matang dibanding kamu. Dengan sikap yang ramah dan sopan baik secara langsung maupun tidak langsung akan meluluhkan hati orang tersebut dan akhirnya orang tersebut sadar bahwa kamu lebih pantas mendapatkan keuntungan yang ia cemburui.

Fokus Pada Tujuan dan Pencapaian

Di dunia kerja, persaingan memang wajar adanya. Jika mereka tidak banyak mengganggumu, kamu tidak perlu menghiraukannya dan jangan pula terpancing emosi. Alangkah baiknya jika kamu fokus saja pada pekerjaanmu dan berusahalah untuk meraih pencapaian terbaik. Secara tidak langsung kamu menunjukkan kepada mereka bahwa kamu memang tak mudah disaingi.

Batasi Interaksi

Untuk menjaga mood-mu dalam bekerja, kamu bisa membatasi interaksi dengan orang yang bisa membuat mood-mu berantakan. Jika pekerjaanmu menuntutmu untuk melakukan banyak interaksi dengan mereka, kamu bisa melakukan interaksi seperlunya saja.

Berikan Perhatian

Meski mereka selalu membuatmu tidak nyaman, kamu sebaiknya tetap memberikan mereka perhatian, sekedar memberi snack, hadiah kecil, atau sekedar ucapan selamat ulang tahun di hari jadinya. Perhatian macam itu, dapat menumbuhkan rasa kasih sayang dan meredam rasa kecemburuan.

Memberi Teguran Dengan Lembut

Jika kamu sudah tidak tahan dengan perlakuan mereka, kamu bisa menegurnya dengan lembut. Cukup katakan bahwa kamu tidak nyaman dengan kondisi seperti itu dan kamu bisa tanyakan pula apa yang menyebabkan mereka selalu bersikap tidak menyenangkan terhadap kamu. Dengan begitu, kalian akan dapat mengetahui pokok permasalahannya, sekaligus memikirkan solusi agar tercipta kenyamanan bersama.

Be Positive dan Maafkan

Jika kamu belum juga menemukan titik terang dalam menyikapi rekan kerjamu yang selalu menganggapmu sebagai saingan, berpikirlah secara positif. Mungkin mereka memang butuh perhatian dan pengakuan. Tidak menutup kemungkinan hal tersebut memang sudah menjadi wataknya yang tak mungkin bisa kita ubah. Bahkan, bisa jadi pula tak hanya kamu yang dianggap sebagai saingannya. Jadi, langkah terakhir yang harus kamu ambil adalah memaafkan. Dengan memaafkan, hatimu akan terasa lapang dan langkahmu akan terasa ringan.

Ikuti Alur Persaingannya

Daripada kamu harus pusing bagaimana cara agar mereka tak lagi menganggapmu sebagai saingannya, kamu bisa menganggap mereka sebagai sainganmu. Dengan begitu, kamu akan semakin semangat meningkatkan skill dan meraih pencapaian terbaik. Namun, kamu harus menjalani persaingan yang sehat. Tidak boleh menjelekkan dan menjatuhkan satu sama lain. Lebih baik lagi jika kalian saling support dan berbagi ilmu meski pada kenyataannya kalian tengah bersaing.

Tips Bersaing Secara Sehat

Ketika memasuki dunia kerja, tidak hanya tantangan pekerjaan yang membuatmu harus melakukan usaha lebih. Namun, dalam menjalin hubungan antar rekan kerja pun dapat menimbulkan tantangan tersendiri yang bisa membuat harimu semakin terasa berat. Meski begitu, kamu harus tetap tangguh dan menyikapinya dengan tenang.

Persaingan antar rekan kerja sangat umum terjadi di berbagai bidang pekerjaan. Kamu tidak perlu heran dan menjadikan hal tersebut menjadi sebuah kendala. Kamu dapat menjadikan persaingan tersebut sebagai suatu hal yang dapat memotivasimu untuk bekerja jauh lebih baik lagi.

Berikut ini adalah tips cara bersaing secara sehat dengan rekan kerja :

  1. Tingkatkan Kualitas Kinerja dan Kemampuanmu

Dalam suatu persaingan, kamu tentu ingin menjadi pemenangnya. Namun, kamu harus bertekad untuk menjadi pemenang yang terhormat, yakni pemenang yang memang karena memiliki kualitas dan kemampuan yang mumpuni. Dengan begitu, orang lain pun akan mengakui bahwa kamu pantas mendapatkannya.

  1. Mengakui Keberhasilan Orang Lain

Dalam persaingan memang selalu ada menang dan kalah. Jika rekan kerjamu jauh lebih unggul dibandingkan dengan dirimu, maka kamu harus mengakui keberhasilan rekan kerjamu itu. Dengan mengakui keberhasilan orang lain, kamu sudah dapat dikatakan sportif dalam suatu persaingan.

  1. Tidak Pelit Ilmu

Jika kamu lebih unggul dibanding yang lain, sebaiknya kamu tetap mengasah kemampuanmu dengan membagikan ilmu itu kepada rekan kerja yang lain. Berbagi ilmu tidak akan membuatmu rugi. Sebaliknya, kamu akan semakin berkilau karena dengan membagikan ilmu, tanpa disadari kamu akan memperdalam ilmu itu agar lebih mudah dalam menyampaikannya kepada orang lain.

  1. Menyingkirkan Ego

Untuk menciptakan persaingan yang sehat, kamu perlu menyingkirkan egomu. Keberadaan ego tentu akan memicu tindakan kecurangan yang justru menciptakan persaingan yang tidak sehat. Oleh karena itu, meredam ego akan membuat kamu lebih fokus pada tujuan dan pekerjaan dibanding dengan sekedar pengakuan semata.

  1. Saling Mendukung

Persaingan yang sehat jiga tercipta karena antar rekan kerja yang saling mendukung dan saling menyemangati. Ketahuilah bahwa setiap orang memiliki kelebihan masing-masing dan pastinya pula memiliki titik kelemahan yang berbeda-beda. Dengan saling mendukung, kalian akan saling menguatkan satu sama lain untuk meraih pencapaian kinerja yang optimal.

  1. Tidak Menjatuhkan atau Menyebar Citra Buruk Orang Lain

Menjatuhkan orang lain tidak akan membuatmu lebih tinggi dan menyebar citra buruk orang lain tidak akan membuat citramu lebih baik, justru sebaliknya. Orang yang menjatuhkan dan menyebar citra buruk merupakan orang yang lemah, tidak kompeten, dan tidak tangguh karena tidak mampu menyaingi prestasi orang lain dengan cara yang baik.

Baca jugaInilah Alasan Orang Berhenti Memakai Twitter

Demikianlah tips bagaimana menyikapi orang yang menganggap diri kita saingan dan tips bersaing secara sehat dengan rekan kerja. Semoga dapat dijadikan pedoman dalam mempersiapkan mental di dunia kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *