Hubungan

Sering Merasa Kecewa? Inilah Tips Menghadapi Dikecewakan Orang Tersayang

Dikecewakan oleh seseorang tentu tidaklah enak, apalagi jika dikecewakan oleh orang-orang tersayangmu. Maka dari itu, terdapat banyak tips menghadapi dikecewakan orang tersayang,...

Written by Irfan · 2 min read >
Sering Merasa Kecewa Inilah Tips Menghadapi Dikecewakan Orang Tersayang

Dikecewakan oleh seseorang tentu tidaklah enak, apalagi jika dikecewakan oleh orang-orang tersayangmu. Maka dari itu, terdapat banyak tips menghadapi dikecewakan orang tersayang, jadi untuk kamu yang sedang merasa dikecewakan bisa menghadapinya dengan baik tanpa berlarut dalam kesedihan secara berkepanjangan.

Perasaan kecewa sangatlah wajar dialami oleh seorang manusia, hanya saja jangka waktunya yang membuat berbeda. Kamu boleh saja merasa kecewa kepada seseorang dengan alasan tertentu, tapi alangkah baiknya jika kekecewaan itu sirna dengan cepat. Sebab, memendam kekecewaan dalam jangka waktu yang lama hanya akan membuahkan racun di kehidupanmu sendiri.

Terkadang di kehidupan sosial ini kamu diharuskan melepaskan kekecewaan meskipun sebenarnya kamu merasa kamu ada di pihak yang benar. Hal yang sama di dalam sebuah hubungan percintaan, terdapat perbedaan cukup banyak dengan pasangan kamu, sudah tentu tak jarang muncul perasaan kecewa pada kehidupan percintaan kamu. Namun, daripada perasaan kecewa itu selalu bersarang di diri kamu, lebih baik mengeluarkannya dengan beberapa tips yang akan saya bahas.

Tips menghadapi dikecewakan orang tersayang

Orang tersayang tidak hanya merujuk pada pasangan, tapi juga anak, orang tua, saudara, keluarga, dan teman. Sebuah perasaan kecewa terjadi tanpa memandang umur, jadi seorang anak juga bisa dikecewakan oleh orang tuanya, begitu pun juga sebaliknya, orang tua bisa dikecewakan oleh anaknya. Dan perasaan kecewa dapat membuat dendam di antara kalian muncul, tentu ini tidaklah baik bukan?

Kekecewaan bisa terjadi karena seseorang yang kamu kenal atau bahkan sangat kamu sayangi dan cintai tidak menepati janjinya, atau bisa juga terjadi saat seseorang itu berbohong, atau prilaku-prilaku buruk lainnya. Jika kamu memang sudah memutuskan untuk memaafkannya, itu akan sangat bagus, tapi sebagian besar orang pasti akan merasa kecewa dan tidak tahu bagaimana caranya untuk menghadapi perasaan kecewa tersebut. Nah, disini saya akan membahas tips-tipsnya:

Sering Merasa Kecewa Inilah Tips Menghadapi Dikecewakan Orang Tersayang

1.Ungkapkan perasaan yang sesungguhnya

Sebuah penelitian mengatakan bahwa mengungkapkan perasaanmu sesungguhnya akan bisa lebih menyehatkan kehidupanmu daripada memendamnya. Contohnya, jika pasanganmu melakukan kesalahan yang membuatmu kecewa, kamu tidak perlu menahan amarah dan kekecewaanmu itu, ungkapkan saja apa yang kamu rasakan saat itu, tapi tentu saja tanpa kata-kata yang kasar, karena semua manusia pasti akan mengerti perkataanmu kok meskipun kamu mengucapkannya dengan lembut.

Hal ini juga akan memperbagus komunikasi di antara kalian berdua. Bukankah sebuah komunikasi sangatlah penting untuk kehidupan percintaan?

2.Menghabiskan waktu sendiri (Me Time)

Sesudah pertengkaran rumit terjadi antara kamu dengan pasangan yang disayang, sebaiknya kamu habiskan dulu waktu sendirian untuk sejenak. Agar kamu dapat menenangkan pikiran, mengembalikan perasaan happy kamu lagi. Jadi, ketika perasaanmu sudah segar kembali, kamu bisa membahasnya lagi dengan orang yang kamu sayangi itu dengan logika yang baik dan terdengar masuk akal. Namun, jangan terlalu lama untuk melakukan kegiatan ini, karena kamu juga harus memikirkan perasaan lawan bicaramu yang bisa saja sedang menunggumu.

3.Beri waktu berpikir

Selain memberikan waktu untuk diri sendiri, kamu juga harus memberinya waktu untuk berpikir. Bisa jadi setelah kamu memberinya waktu, dia akan menyadari apa kesalahannya. Setelah itu, baru kamu berikan dia kesempatan kedua supaya dia bisa memperbaiki kesalahannya itu dan berubah menjadi lebih baik lagi.

Kalau bahkan setelah kamu memberinya waktu untuk berpikir namun dia tidak kunjung menyadarinya, lebih baik kamu menyudahi hubungan itu, hal ini berguna untuk kehidupan pribadimu, supaya kamu tidak menyiksa diri terlalu lama.

Untuk cara ini diperlakukan pada kasus percintaan dan pertemanan, karena tidak mungkin bukan kalau kamu menyudahi hubungan dengan keluargamu. Untuk kasus dengan keluarga, lebih baik kamu melakukan cara yang pertama atau yang kedua.

4.Maafkan orang lain

Untuk kamu yang berpikiran simpel, kamu mungkin lebih memilih langsung memaafkan orang itu, tapi hal ini tidaklah mudah bagi sebagian orang, apalagi jika harus memaafkannya dengan lapang dada. Bagi sebagian orang, mereka bisa saja berkata dirinya telah memaafkan orang-orang yang sudah membuatya kecewa, tapi sebenarnya di alam bawah sadarnya, dia masih belum memaafkan orang tersebut. Jadi kesimpulannya, cara ini terdengar yang paling mudah untuk dilakukan, tapi kenyataannya cara ini adalah yang tersulit untuk dilakukan.

Lalu apa perbedaan perasaan marah dengan perasaan kecewa?

Perasaan marah dan perasaan kecewa sering disamaartikan oleh sebagian orang. Nyatanya, kedua perasaan tersebut berbeda.

Kebanyakan besar perasaan marah muncul tidak menggunakan unsur kepercayaan dari seseorang, jadi kamu akan lebih mudah untuk memaafkannya. Lain halnya dengan perasaan kecewa yang muncul karena adanya unsur kepercayaan yang ternodai. Karena manusia sangat menjunjung tinggi kepercayaan, jadi jika kepercayaan itu diingkari oleh seseorang, itu akan membekas di pikiran dan perasaannya dalam waktu lama, maka dari itulah lebih banyak orang yang tidak bisa memaafkan seseorang yang sudah pernah mengecewakannya daripada seseorang yang membuatnya kesal.

Baca juga : Kupas Tuntas Tentang Mindset Artinya Pola Pikir Seseorang

Itulah beberapa tips menghadapi dikecewakan orang tersayang. Kesimpulannya, kamu harus menjaga diri sendiri supaya tidak terlarut dalam kekecewaan yang dapat mengubur jati dirimu secara perlahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *