Hubungan

Manfaat Trik Psikologi dalam Bersosialisasi

Banyak orang yang susah untuk bersosialisasi apalagi bagi sebagian orang yang introvert, mereka pasti akan mempertanyakan apakah bersosialisasi itu sangatlah penting bagi...

Written by Irfan · 2 min read >
Manfaat Trik Psikologi dalam Bersosialisasi

Banyak orang yang susah untuk bersosialisasi apalagi bagi sebagian orang yang introvert, mereka pasti akan mempertanyakan apakah bersosialisasi itu sangatlah penting bagi kehidupan manusia. Namun, sebenarnya terdapat manfaat trik psikologi dalam bersosialisasi yang sepertinya tidak banyak orang tahu. Hal ini penting diketahui karena sangat menguntungkan bagi kehidupan manusia.

Sebelum masuk ke penjelasan yang lebih dalam lagi, mari kita membahas tentang pengertian dari sosialisasi dulu. Sosialisasi adalah mata rantai yang penting di antara sistem sosial, atau sederhananya adalah mencakup interaksi sosial dan tingkah laku sosial manusia.

Sosialisasi ditentukan dari lingkungan sosial, ekonomi, dan budaya dimana masing-masing individu manusia berada. Arti lainnya adalah masing-masing individu manusia memiliki jenis sosialisasi yang berbeda-beda.

Bersosialisasi penting karena dengan melakukan hal ini kamu bisa meningkatkan kesehatan otak dan mengurangi resiko terjadinya demensia. Lagipula manusia adalah makhluk sosial, jadi sudah sewajarnya mereka hidup dengan bersosialisasi. Hal ini tidak membedakan antara manusia yang introvert maupun yang extrovert.

Namun, kamu perlu ingat agar selalu bersosialisasi di lingkungan yang baik, jangan masuk ke dalam lingkungan yang dapat menjerumuskanmu ke dunia yang buruk, karena itu sudah pasti akan merugikan kehidupanmu sendiri. Pikirkan matang-matang sebelum bersosialisasi di lingkungan yang baru untuk jangka waktu yang lama.

Manfaat Trik Psikologi dalam Bersosialisasi

Berikut manfaat trik psikologi dalam bersosialisasi

Manfaat dari bersosialisasi sendiri dapat menguntungkan bagi kesehatan fisik maupun mental seseorang. Bagi orang-orang yang gemar bersosialisasi, mereka akan memiliki kekebalan tubuh yang lebih kuat. Nah, lalu apa manfaat bersosialisasi untuk kesehatan mental seseorang? Inilah manfaat-manfaatnya:

1.Mengurangi resiko depresi

Dengan bersosialisasi, kamu tentu akan lebih merasa happy, tapi ini akan terjadi jika kamu bersosialisasi di lingkungan yang sesuai dengan dirimu. Maka dari itu, jika kamu bersosialisasi di lingkungan yang benar, resiko kamu menjadi depresi akan sedikit alias kecil. Yang penting kamu harus memilih lingkungan yang menguntungkan untuk kehidupanmu, jangan berlama-lama bersosialisasi di lingkungan yang tidak cocok dengan prinsip hidupmu.

2.Mengurangi resiko demensia/pikun

Dalam sebuah penelitian, manusia yang terbiasa bersosialisasi menunjukkan daya ingat yang lebih kuat. Dan jika hal ini terus dilakukan dengan rutin hingga kamu menjadi tua, itu akan mengurangi resiko kamu menjadi demensia/pikun. Ini sangatlah menguntungkan bagi kehidupan lansia.

3.Termotivasi

Bersosialisasi selalu disarankan oleh sebagian besar psikolog, karena dengan bersosialisasi di lingkungan yang baik, maka kamu akan mendapatkan motivasi yang beragam bagi kehidupanmu dari sebuah perbincangan dengan beberapa teman yang ada di lingkungan yang sama denganmu. Jadi, ini bisa menjadi obat untuk orang-orang yang sedang mengalami putus asa. Daripada melampiaskan perasaanmu ke kegiatan yang buruk, lebih baik bersosialisasi dengan sahabat atau teman dekat yang kamu miliki.

4.Mencegah terjadinya penyakit mental lainnya

Arti bersosialisasi bukan berarti kamu diharuskan berinteraksi dengan banyak orang, tapi kamu juga bisa berinteraksi hanya dengan 1 sahabat atau teman terdekat yang kamu miliki. Dengan selalu bercerita ke sahabatmu, itu pasti akan mengurangi penumpukan pikiran-pikiran yang ada di dirimu, sehingga kamu tidak akan merasa stress yang bisa sampai membuat kamu terkena penyakit mental lainnya.

Manfaat-manfaat ini akan muncul di kehidupanmu jika kamu mampu memilih lingkungan yang akan kamu geluti dengan baik. Namun, jika kamu ternyata salah memilih lingkungan, kamu tidak bisa mengharapkan manfaat-manfaat ini muncul di kehidupanmu. Jadi, selalu pilih lingkungan yang baik dimana pun dan kapan pun kamu berada.

Proses sosialisasi

Bersosialisasi juga memiliki beberapa tahapan proses untuk pembentukan kepribadian manusia. Proses-proses tersebut tidaklah rumit dan mudah untuk dilakukan semua orang, yaitu:

1.Penanaman nilai dan norma sosial

Proses penanaman nilai dan norma sosial ke dalam diri manusia terjadi sejak lahir hingga akhir hayat atau meninggal dunia. Penanaman nilai dan norma sosial ini patut dilakukan oleh semua makhluk sosial alias manusia.

2.Pengembangan nilai-nilai budaya

Proses pengembangan nilai-nilai budaya yang telah tertanam dalam diri manusia harus diimplementasikan ke dalam perilaku sehari-hari supaya mendapatkan hasil sosialisasi yang seimbang.

3.Pendewasaan diri

Proses ini adalah proses lanjutan dari kedua proses sebelumnya. Jika kepribadian seorang manusia telah terbentuk dengan utuh, maka bisa dikatakan manusia tersebut telah menjadi dewasa dan siap memegang peran dalam kehidupan masyarakat.

Baca juga : Sering Merasa Kecewa? Inilah Tips Menghadapi Dikecewakan Orang Tersayang

Sampai disini saja penjelasan tentang manfaat trik psikologi dalam bersosialisasi. Mari kita jaga sendiri kesehatan fisik dan kesehatan mental yang kita miliki, contohnya dengan bersosialisasi ini. Ya, meskipun bagi manusia yang memiliki kepribadian introvert hal ini cukup susah untuk dilakukan, tapi apa salahnya mencoba? Toh itu akan membuat kehidupanmu semakin sehat dan bermanfaat. Jangan terlalu menutup diri dari dunia luar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *