Hubungan

Cara Supaya Tidak Gampang Baper yang Terjamin Ampuh

Janganlah kamu gampang baper, karena itu hanya akan menyiksa dirimu sendiri. Nah, disini saya akan membahas tentang cara supaya tidak gampang baper....

Written by Irfan · 2 min read >
Cara Supaya Tidak Gampang Baper yang Terjamin Ampuh

Janganlah kamu gampang baper, karena itu hanya akan menyiksa dirimu sendiri. Nah, disini saya akan membahas tentang cara supaya tidak gampang baper. Baper sendiri sebenarnya adalah singkatan dari Bawa Perasaan yang berarti kamu selalu terbawa perasaan ketika menyangkut candaan, kerjaan, percintaan, atau bisa juga dari perkataan seseorang yang menurutmu itu menyinggungmu.

Sebenarnya baper juga diperlukan bagi seorang manusia, karena kalau kamu hidup tanpa perasaan, kamu tidak akan mempunyai simpati maupun empati untuk orang lain maupun untuk diri sendiri. Namun, tentu saja semua harus ada batasannya, semua yang berlebihan tidaklah baik untuk kehidupan kita, begitu juga dengan kebaperan yang dimiliki oleh seseorang.

Baper juga bisa membuat orang menjadi stress bahkan depresi, karena mereka terlalu memikirkan perkataan orang lain tanpa memikirkan dirinya sendiri. Mereka mengabaikan batasan dirinya sendiri dengan kebaperannya sehingga menimbulkan stress. Ini sangat merugikan, bukan?

Maka dari itu, kurangilah kebiasaanmu itu dengan beberapa cara yang sudah dicoba oleh banyak orang.

Cara Supaya Tidak Gampang Baper yang Terjamin Ampuh

Beberapa cara supaya tidak gampang baper, mudah kok!

Sebenarnya untuk melakukan cara-cara ini, kamu yang berperan sebagai nahkoda di kehidupanmu sendiri haruslah mempersiapkan diri dan pikiranmu terlebih dahulu supaya kamu bisa melakukannya dengan mudah dan tidak berhenti di tengah jalan. Pikirkan bahwa usahamu ini akan membuahkan hasil yang menguntungkan bagi kehidupanmu.

1.Belajar menjadi lebih cuek dengan keadaan di sekitarmu

Sebagian besar orang yang gampang baper adalah orang-orang yang memiliki perhatian besar pada keadaan di sekitarnya, itulah faktor utama mengapa masalah itu muncul. Perhatian besar ini lalu bergelut di pikiranmu dalam jangka waktu yang lama sehingga kamu menjadi overthinking atau terlalu ke pikiran, padahal pikiran-pikiran itu belum tentu benar-benar terjadi atau bahkan akan terjadi, makanya itu akan merugikanmu sendiri.

Dengan mencoba menghilangkan perhatian besar itu atau bisa juga dibilang menjadi lebih cuek, kamu tentu bisa dengan perlahan menghindari kebaperanmu muncul kembali, karena kamu tidak akan lagi terlalu memikirkan sesuatu hal, hal itu akan membuat perasaanmu lebih tenang.

2.Bersikaplah secara dewasa dan terbuka

Cara satu ini penting dilakukan bagi seseorang yang gampang baper terhadap candaan temannya. Jika kamu dihadapkan dengan situasi dimana candaan temanmu menyinggung perasaanmu, tegur temanmu dengan sikap yang dewasa, tidak perlu mengeluarkan amarahmu, hal itu pasti akan membuat temanmu mengerti, meskipun mungkin tidak secara langsung. Alasannya, karena di dunia ini tidak ada seseorang yang memahami orang lain sebaik diri kita sendiri, jadi mereka tidak tahu apakah seseorang itu memiliki hati yang lembut atau tidak, atau apakah seseorang itu memiliki selera humor yang sama dengannya. Maka dari itu, lebih baik kamulah yang membatasi diri dengan bersikap lebih dewasa, karena kita tidak bisa mengubah sikap atau sifat orang lain tetapi kita bisa mengubah sikap atau sifat kita sendiri.

3.Jangan terlalu mudah menyimpulkan sesuatu yang belum pasti

Jangan coba-coba menyimpulkan sesuatu yang sebenarnya belum pasti akan terjadi, karena itu akan membuat pikiranmu tidak tenang. Daripada menyimpulkan sesuatu yang kebenarannya belum tentu seperti apa yang sudah kamu pikirkan, jadi lebih baik kamu menghindari menyimpulkan sesuatu, karena tidak ada satu pun manusia yang bisa membaca pikiran orang lain.

4.Sadar diri

Cara lainnya untuk menghindari baper yang berlebihan adalah sadari bahwa itu terjadi karena perasaanmu sendiri yang terlalu sensitif, tapi kamu juga tetap harus mencintai diri kamu sendiri meskipun begitu. Sebenarnya cara ini juga perlu dilakukan bersamaan dengan cara sebelumnya yaitu bersikap lebih dewasa dan terbuka, maka ketika kamu menyadari bahwa perasaanmulah yang sensitif, kamu jadi mengetahui juga batasan-batasan dirimu.

5.Selalu berpikir bahwa kamu tidak punya kendali untuk pikiran orang lain

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, nahkoda dari kehidupanmu adalah diri kamu sendiri, begitu pun juga dengan kehidupan orang lain, jadi kamu tidak bisa mengatur pikiran orang lain yang ditujukan kepadamu. Maka dari itu lebih baik kamu sendirilah yang lebih menjaga prilakumu dengan baik supaya pemikiran orang lain akan bersifat positif terhadap dirimu. Berusahalah mengendalikan perasaan dan pikiranmu sendiri.

Apakah cewek lebih mudah baper dibanding cowok?

Banyak orang yang beranggapan bahwa cewek itu lebih baperan dibanding cowok. Pemikiran ini muncul karena banyaknya kasus seperti ini yang terjadi di kalangan cewek.

Dan fakta sebenarnya memang cewek lebih mudah baper, karena mereka memiliki perasaan yang mudah tersentuh dan tingkat kepekaannya tinggi. Selain itu, cewek juga lebih sering menggunakan perasaannya, sedangkan cowok lebih sering menggunakan logikanya.

Baca juga : Manfaat Trik Psikologi dalam Bersosialisasi

Sampai sini kamu jadi tahu kan bahayanya terlalu baper. Meskipun baper juga terkadang bisa menguntungkan kehidupanmu, tapi menurut saya jika kamu gampang baper, pikiran dan perasaanmu tidak akan tenang, sehingga kamu tidak akan menikmati kehidupanmu dengan baik. Oleh sebab itu, lebih baik mengurangi kebaperanmu dengan mengikuti cara supaya tidak gampang baper yang ada di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *