Hubungan

Cara Menyikapi Pandangan Orang Lain pada Diri Kita Supaya Tidak Mudah Overthinking

Terkadang, Kita mengalami pikiran berlebih atau overthinking karena gagal menyikapi pandangan orang lain pada diri Kita. Padahal, Kita sendiri tidak bisa mengontrol...

Written by Dwi · 2 min read >
Cara Menyikapi Pandangan Orang Lain pada Diri Kita

Terkadang, Kita mengalami pikiran berlebih atau overthinking karena gagal menyikapi pandangan orang lain pada diri Kita. Padahal, Kita sendiri tidak bisa mengontrol apa yang orang lain pikirkan tentang Kita. Satu-satunya cara adalah dengan mengetahui bagaimana cara untuk menghadapinya.

Sebaik apapun yang telah Kita lakukan, akan ada banyak cara pandang orang dalam melihat Kita. Maka dari itu, sejatinya memikirkan hal berlebih tentang bagaimana orang memandang Kita adalah hal sia-sia. Tetapi jangan khawatir, Anda akan mendapat tips untuk menyikapi sehingga Anda tidak kalut lagi.

Cara Menyikapi Pandangan Orang Lain pada Diri Kita

Cara Menyikapi Pandangan Orang Lain Pada Diri Kita Supaya Tidak Mudah Overthinking

Tahukah Anda bahwa Kita memang tidak bisa mengontrol pikiran orang, tetapi Kita bertanggungjawab penuh atas pikiran Kita sendiri? Jika ada orang yang memandang Anda buruk, maka jangan risau. Anda harus mengetahui cara menyikapinya seperti di bawah ini!

1.Jangan menelan semua yang dikatakan mentah-mentah

Anda jangan takut apabila orang memberikan pendapat atas diri Anda, karena mereka berpendapat hanya secuil dari apa yang mereka ketahui. Faktanya, yang paling mengerti diri Anda adalah ya diri Anda sendiri. Maka dari itu, jangan menelannya secara mentah-mentah. Mungkin Anda bisa sedikit merenung, apakah mungkin itu pendapatnya yang sifatnya subjektif ataukah tidak.

Jika ada hal yang sifatnya adalah kritik, Anda bisa merenungkan terlebih dahulu. Mungkin, kritik tersebut bisa membangun Anda. Tetapi, jika pandangannya cenderung hanya menjatuhkan, maka tidak perlu didengarkan karena hal yang dikatakan bukanlah fakta.

2.Belajarlah bersikap bodoh amat atas persepsi orang akan Anda

Sebaik apapun Anda, akan ada saja orang yang membenci. Ini adalah kenyataan yang tidak bisa dipisahkan di hidup Anda. Apalagi, jika lebih banyak orang yang perduli dengan Anda. Anda sebaiknya belajar bersikap bodoh amat atas pandangan mereka terhadap Anda, dan ganti fokus Anda kepada orang-orang yang Anda kasihi.

Baca juga : Cara Tahu Apakah Orang Lain Peduli Atau Tidak

Bodoh amat artinya tidak memikirkan hal tersebut, karena tidak penting dan tidak relevan dengan hidup Anda. Lagi pula, Anda tidak perlu disukai semua orang agar tetap hidup. Bahkan ilmuwan hebat pun ada saja yang menentang meskipun telah memiliki sumbangsih yang besar atas hajat manusia. Maka dari itu, sebaiknya tidak memikirkan pandangan buruk tentang Anda.

3.Tidak perlu merasa harus menjelaskan diri Anda kepada orang lain

Ingatlah bahwa Anda hidup dengan diri Anda sendiri. Pendapat orang lain atas Anda tidak akan berpengaruh terhadap hidup Anda, tidak akan bisa memberikan Anda makan, tidak akan bisa menyelesaikan separuh masalah hidup Anda. Maka dari itu, Anda tidak perlu merasa harus menjelaskan diri Anda tersebut terhadap orang lain. Biarkan mereka berpendapat seingin mereka, karena itu bukanlah faktanya.

4.Tetap sopan

Misalnya ada orang yang memandang Anda dengan pandangan yang negatif, maka Anda tidak perlu bersikap kasar kepada dia. Anda boleh saja jengkel dan sedikit dendam, tetapi Anda jangan sampai terjebak pada perilaku memusuhi dan jahat. Sebaiknya Anda tetap profesional dan rendah hati serta sopan ketika ada orang yang berpandangan buruk tentang Anda.

5.Fokus kepada orang yang Anda sayangi

Daripada fokus kepada mereka yang berpandangan negatif tanpa mengenal jauh diri Anda, sebaiknya Anda menyalurkan energi yang Anda miliki kepada orang-orang yang Anda sayangi. Merekalah yang perduli akan Anda, ketika Anda mendapat masalah, ketika Anda sakit. Mereka yang mengenal Anda juga paham bahwa pandangan buruk yang ada juga tidak benar adanya.

Tips Agar Lebih Tenang dan Tidak Overthinking

Selain cara untuk menyikapi pandangan orang seperti di atas, maka ada cara lain untuk membuat Anda tidak overthinking atas hal itu. Hal ini dapat dipahami karena terkadang overthinking bisa datang tanpa diundang. Tipsnya antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Latihan pernafasan, hal ini akan membuat Anda semakin rileks dan mudah dalam mengontrol emosi
  2. Perbanyak pendekatan spiritual seperti beribadah, mengingat Tuhan, membantu sesama, dan lain sebagainya
  3. Fokus terhadap pengembangan diri seperti menambah skill, berlatih piano, melakukan hobi, dan lain sebagainya
  4. Menanyakan kepada teman Anda apa saja sisi positif Anda supaya Anda dapat kembali percaya diri dan tidak overthink
  5. Menuliskan keresahan yang Anda rasakan pada selembar kertas dan kemudian membuangnya, ini akan membuat Anda lega
  6. Mengalihkan pikiran dengan hal-hal yang lebih bermanfaat
  7. Pergi ke luar rumah untuk menikmati udara segar

Itulah cara menyikapi pandangan orang lain pada diri Kita. Sekali lagi, Kita tidak bisa mengontrol cara pandangan orang terhadap diri Kita, tetapi Kita memiliki kontrol penuh atas apa yang Anda rasakan. Jadi daripada membuang-buang waktu untuk overthink dan insecure, maka jadi bahagia dan tenang, yuk?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *